Beranda Berita Utama Yuhardi dan Irpanadi Berpeluang Gantikan Meixxy

Yuhardi dan Irpanadi Berpeluang Gantikan Meixxy

1129
0
IST/RKa
SIDANG DKPP : Majelis hakim saat membacakan putusan perkara 158-PKE-DKPP/IX/2020 dengan teradu Meixxy Rismanto, SE, Rabu (10/2).

BINTUHAN – Pasca pencopotan Meixxy Rismanto, SE sebagai Ketua KPU Kabupaten Kaur oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, Rabu (10/2), ada dua nama yang berpeluang besar menggantikan. Yakni Yuhardi, S.IP, MH yang saat ini dipercaya menjadi Pelaksana Harian (Plh) dan Irpanadi, S.IKom. Sesuai dengan formasi KPU Kaur 3:2 yang terungkap dalam sidang DKPP perkara lain.

Yuhardi sendiri sebelumnya pernah bersaing untuk menjadi Ketua KPU Kaur. Namun, ia kalah suara dengan Meixxy Rismanto. Mekanisme pemilihan ketua dilakukan dengan musyawarah mufakat. Namun, jika tidak ditemukan kesepakatan, dilakukan secara voting oleh lima komisioner.

“Dengan adanya pemberhentian Ketua KPU Kaur, untuk mengisi kekosongan selaku Plh dijabat oleh Yuhardi,” ungkap Sekretaris KPU Kaur Drs Sunarsan, Rabu (10/2).

Penunjukan Plh Ketua KPU sesuai hasil kesepakatan komisioner. Jabatan Plh untuk mengisi kekosongan Ketua KPU Kaur sebelum ditetapkan Ketua KPU Kaur yang definitif.
Meixxy Rismanto diberhentikan dari jabatannya sebagai Ketua KPU Kaur dalam sidang DKPP dengan perkara nomor 158-PKE-DKPP/IX/2020. Dengan pengadu Riki Susanto. DKPP mengabulkan sebagian dalil pengadu yang mengatakan Maixxy tidak mandiri dan tidak jujur dalam seleksi anggota KPU Kaur. Karena, makalah dan karya tulisnya tidak orisinil. Melainkan buatan pengadu.

Pembacaan keputusan dipimpin langsung Hakim Ketua Prof Dr Muhammad ,S.IP, M.Si, yang juga Ketua DKPP. Lembaga ini juga menjatuhkan peringatan keras kepada Meixxy. Menurut majelis DKPP, Meixxy tidak punya bukti kuat untuk menyanggah tuduhan tersebut.

Meixxy Legowo
Sementara itu, Meixxy mengaku legowo atas keputusan DKPP. Ia menerima keputusan. Atas pertimbangan dan pandangan hakim DKPP. Ia siap melepaskan jabatan sebagai Ketua KPU Kaur.

“Sidang putusan yang digelar DKPP saya ikuti. Putusan DKPP saya terima dan siap melepas jabatan sebagai Ketua KPU Kaur. Selain itu juga, saya siap berkomitmen memberikan masukan dan saran ke seluruh Komisioner KPU dan Ketua KPU yang baru,” tegasnya.(ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here