Beranda Wonderfull Kaur Wisata Dahan Langit, Mengusung Konsep Sport Tourism

Wisata Dahan Langit, Mengusung Konsep Sport Tourism

642
0
YUSMAN/RKa
SARANA: Objek wisata Dahan Langit dilengkapi sarana olahraga, WC umum serta penerangan malam hari.

BELUM banyak masyarakat mengenal dan mengetahui keberadaan objek wisata Dahan Langit di Desa Air Kering II Kecamatan Padang Guci Hilir (Pagulir). Objek wisata ini menyajikan pemandangan panorama alam sekitar dan diiringi suara gemerincing arus Sungai Padang Guci. Lokasi ini sangat menarik bagi pencinta foto selfie yang mengabadikan keindahan alam yang asri. Pengunjung juga dapat mandi si sungai dengan bebatuan besar dan air yang jernih. Saat musim kemarau, air lokasi ramai pada sore hari. Dari hulu hingga hilir sungai dipenuhi warga mandi dan mencuci pakaian.

Tidak banyak objek wisata yang menyediakan lokasi olahraga. Dahan Langit merupakan salah satu lokasi wisata yang menyediakan lapangan olahraga. Sesuai dengan konsep wisata yang dibangun yakni Sport Tourism atau mengkolaborasi antara wisata alam dengan olahraga. Di objek wisata ini tersedia lapangan futsal dan bola voli secara permanen.

“Objek wisata ini juga kerap dijadikan kegiatan kecamatan. Memperingati hari besar dan event olahraga antar desa,” ujar Camat Pagulir, Ali Suanadi, S. Pd.

Dilokasi ini, tersedia bangunan kamar mandi dan Water Closed (WC) umum yang dapat dimanfaatkan pengunjung. Keindahan panorama alam sekitar, hamparan sawah yang menghijau, hutan dan pemandangan tebing disisi sungai yang menjulang menambah sejuknya air saat mandi. Objek wisata ini juga menyediakan tribun penonton yang mengarah lapangan. Selain itu, tersedia bangunan permanen berupa pondok istirahat bagi pengunjung. Bahkan, pada malam hari objek wisata ini tetap dapat dinikmati. Fasilitas penerangan listrik sudah tersedia dengan baik. Dipondok istirahat juga tersedia saklar untuk mengisi ulang daya handphone.

Objek wisata Dahan Langit sangat mudah diakses. Lokasinya hanya 50 meter dari ruas jalan poros kecamatan. Selain itu, objek wisata Dahan Langit memiliki tempat parkir kendaraan yang luas. Sehingga, tidak membuat ragu pengunjung untuk meninggalkan kendaraan saat menikmati panorama alam. Disamping itu, objek wisata ini diberada pada lokasi turunnya petani yang berada diseberang sungai.

Untuk mencapai lokasi Dahan Langit, pengunjung luar daerah yang melalui jalur lintas sumatera dapat mengambil jalur pintas dari Desa Padang Leban Kecamatan Tanjung Kemuning. Hanya butuh waktu 15 menit menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Sedangkan, pengunjung yang masuk melalui Kecamatan Kelam Tengah dapat memilih jalur alternatif melintasi kawasan Talang Sembilan dan masuk ke Desa Perugaian Kecamatan Kaur Utara. Dipertigaan ujung desa belok kekiri dan lurus, berjalan lebih kurang 20 menit akan tiba dilokasi.

Pada musim durian, objek wisata Dahan Langit menjadi objek pengunjung berburu buah favorite masyarakat. Pengunjung juga tidak perlu khawatir akan kelaparan ketika berkunjung lupa membawa bekal. Banyak pedagang makanana tradisional yang membuka lapak.

Objek wisata Dahan Langit merupakan hasil karya pemuda setempat. Dengan dukungan pemerintah desa dibangun fasilitas penunjang untuk menarik minat pengunjung. Wisatawan yang masuk tidak perlu khawatir dengan pungutan retribusi. Sebab, tidak ada pungutan apapun bagi pengunjung.

“Objek wisata Dahan Langit ini memiliki keunikan yakni dekat dengan aliran sungai batuan besar. Lokasi ini menjadi pilihan Kapolres Kaur bersama FKPD buka bersama dan berendam dalam sungai,” ujar Karang Taruna Kecamatan Pagulir, Mitior, SE. (xst)

YUSMAN/RKa
DAHAN LANGIT: Objek wisata Dahan Langit Desa Air Kering II Kecamatan Pagulir destinasi wisata baru, Kamis (5/11).



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here