Beranda Lintas Kecamatan Waspada! Penipuan Modus Vaksinasi

Waspada! Penipuan Modus Vaksinasi

151
0

MUARA SAHUNG – Jelang vaksinasi Covid-19 untuk pekerja publik dan lansia, masyarakat Kabupaten Kaur diimbau waspada. Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKBP Dwi Agung Setyono, S.IK, MH melalui Kapolsek Muara Sahung, Ipda Joko Susanto, SH disampaikan anggota Bhabinkamtibmas, Aipda HM Sitorus mengatakan, sejumlah oknum penipuan diduga akan memanfaatkan momen ini, untuk melancarkan aksinya.

“Pasti ada oknum yang akan memanfaatkan momen ini untuk melancarkan aksi penipuan. Pelaku akan membuat dirinya terlihat meyakinkan, seolah-olah dirinya resmi bekerjasama dengan pemerintah. Harapan kami pihak kepolisan agar masyarakat selalu waspada,” ujar HM Sitorus, Kamis (4/3).

Dia mengatakan, setidaknya ada 5 tahapan yang digunakan pelaku dalam melancarkan aksinya. Pertama dengan berpura-pura menjadi tenaga kesehatan (nakes), lalu meminta bayaran atas vaksinasi yang harusnya diberikan gratis. Kedua, mengaku memiliki akses di Dinas Kesehatan (Dinkes) atau satuan kesehatan, sehingga bisa membuat giliran vaksinasi menjadi lebih cepat.

Ketiga, meminta bayaran kepada orang yang akan divaksinasi. Atas pekerjaan mempercepat proses antri vaksinasi covid-19. Keempat, penipuan biasanya dilakukan melalui telpon atau pesan tertulis seluler untuk melancarkan aksinya, pelaku tentu melengkapi diri dengan data calon target, agar terlihat meyakinkan. Terakhir, pelaku meminta bayaran melalui tranfer perbankan.

“Lalu waspada juga. Momen ini juga biasa digunakan pelaku hipnotis, dengan datang kepada korban mengaku sebagai nakes yang melakukan vaksinasi,” pungkasnya. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here