Beranda Berita Utama Waspada, Laguna Rawan Banjir Rob

Waspada, Laguna Rawan Banjir Rob

127
0
DEDI JULIZAR/RKa
TANGGUL: Lokasi paling rendah di Pantau Laguna Samudera dibuat tanggul darurat, Rabu (2/6).

RKa ONLINE, NASAL – Saat pasang tinggi lokasi wisata Pantai Laguna Samudera Desa Merpas Kecamatan Nasal rawan dibanjiri air laut atau banjir rob. Untuk mengantisipasi banjir laut ke tempat paling rendah dibuat tanggul dauruat. Ini dibenarkan oleh Darwis (63) warga Desa Merpas pada Radar Kaur (2/6). Ia mengakui bahwa dia sendiri yang memasang tanggung dibagian ujung lokasi wisata itu. Hal itu untuk menyelamatkan rumah tempat tinggalnya. Saat pasang besar beberapa hari lalu air laut sempat masuk ke dalam lokasi wisata ini.

“Tempat tinggal saya merupakan lokasi paling rendah di Pantai Laguna ini. Supaya tidak kebanjiran air laut saat pasang tinggi. Saya berusaha membuat tanggul darurat,” sebutnya.

Lanjut dia, untuk menghindarkan lokasi ini kebanjiran sebaiknya ke depan dibuat tanggul permanen. Sehingga jika ada pasang besar mereka yang tinggal di lokasi ini tidak khawatir lagi. Selain itu jika tidak ada tanggul, pasang besar bisa menimbulkan kerusakan di lokasi ini. Jika air laut terus menerus masuk dan menggenangi lokasi maka akan membuat kayu – kayu yang menjadi ciri khas tempat wisata ini mati. Maka akan membuat lokasi ini tidak indah lagi.

“Selain pantainya yang indah, salah satu daya tarik Pantai Laguna ini, adalah pohon kayu yang rimbun. Sehingga kalau terus dibanjiri air laut, ada kemungkinan kayunya mati,” ungkap dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here