Beranda Berita Utama Warga Perjuangkan Lahan di HGU PT CBS

Warga Perjuangkan Lahan di HGU PT CBS

55
0

RKa ONLINE, NASAL – Warga Dusun Kulik Sialang Desa Muara Dua Kecamatan Nasal terus memperjuangkan lahan mereka yang masuk dalam Hak Guna Usaha (HGU) PT Ciptamas Bumi Selarasa (CBS). Warga pemilik lahan sudah bertekad tidak akan berhenti berjuang mendapatkan haknya. Mereka akan melakukan apapun, termasuk meminta bantuan ke DPRD Kabupaten Kaur.

“Pernyataan pihak PT CBS akan ukur ulang lahan kebun plasma di dusun kami belum membuat kami puas. Sebab sampai kini bagi kami itu baru wacana. Karena belum ada bukti nyata. Oleh sebab itulah kami akan terus berjuang sampai kenyataan lahan kami bisa disertifikat,” sebut Kadus Kulik Sialang, Srianto.

Lanjutnya, mereka terus semangat dalam urusan penelusuran. Karena mereka mendapatkan dukungan dari pemerintahan desa saat ini. Sehingga bagi mereka dukungan ini sebuah modal. Kalau untuk luasan lahan warga yang masuk ploting HGU diperkirakan lebih dari 200 haketar (Ha). Saat ini lahan itu masih menjadi kebun kopi produktif.

“Memang lahan milik kami tidak digarap menjadi kebun kelapa sawit. Tapi kalau masuk HGU berarti lahan kami sudah ada sertifikat to. Kalau sudah bersertifikat berarti lahan kami digadaikan ke pihak bank oleh PT CBS. Inilah persoalan yang utama, nantinya akan menjadi bom waktu,” sebut dia.

Sementara pihak perusahaan ketika dikonfirmasi tentang HGU beberapa waktu lalu. Mereka telah menegaskan, bahwa telah meminta ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Bengkulu. Untuk melakukan pengukuran ulang. Saat ini masih menunggu proses lebih lanjut. Mereka telah menyikapi akan keinginan warga Dusun Kulik Sialang. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here