Beranda Berita Utama Yang Ter Vas Bunga Dilelang Rp 8,4 Miliar

Vas Bunga Dilelang Rp 8,4 Miliar

45
0

JIKA biasa vas bunga dijual dengan harga terjangkau namun ada vas berukuran sebesar sepatu yang dilelang dengan nilai fantastis. Vas bunga yang berasal dari abad-18 itu mempunyai nilai lebih dari Rp 8,4 miliar. Vas seperti apa yang dimaksud?

Sebuah keluarga di Prancis menemukan vas bunga kuno tersimpan dalam kotak sepatu ketika sedang membersihkan loteng rumah mereka. Ternyata bukan sembarang benda, vas antik China tersebut berasal dari masa Dinasti Qing di abad ke-18 yang dianggap langka.

Setelah penemuan vas tersebut, pemiliknya membawa vas bunga ke balai lelang Sotheby’s Paris untuk mengetahui nilainya. Karena termasuk langka dan barang antik, nilainya sungguh fantastis mencapai US$ 600 ribu atau lebih dari Rp 8,4 miliar.
Menurut Sotheby, vas mulai dilelang pada Juni nanti. Pakar Sotheby, Olivier Valmier, bercerita kalau ia sempat terkejut ketika membuka kotak sepatu. Tak disangka, di dalamnya terdapat barang berharga. Itu merupakan vas porselen yang sangat langka.

“Vas itu sangat langka dan menjadi satu-satunya contoh dari jenisnya. Porselen Famile-Rose langka di pasar dan sebagian besar contohnya disimpan di National Palace Museum di Taipei dan museum lain di seluruh dunia,” ujar Olivier dilansir dari CNN internasional.
Pada April lalu, mangkok porselen dari Famile-Rose dijual di Hong Kong dengan harga lebih dari US$ 30 juta. Meski harganya fantastis, pemilik vas bunga tersebut mengaku tidak suka.

“Kami tidak terlalu suka vas bunga dan kakek-nenek saya juga tidak menyukainya,” kata sang pemilik.(***)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here