Beranda Lintas Kecamatan Usul Rehab, Pemdes Konsultasi PUPR

Usul Rehab, Pemdes Konsultasi PUPR

74
0

KAUR TENGAH – Pemerintah Desa (Pemdes) Pajar Bulan bersama BPD akan berkonsultasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kaur terkait usul perehaban 2 aset milik Pemda Kaur. Berupa jalan menuju sentra pertanian Air Kandis dan sstem irigasi persawahan di desa itu. Kedua usulan itu sudah disepakati warga desa untuk disampaikan ke Dinas PUPR Kaur, sebelum menjadi program pembangunan fisik melalui Dana Desa (DD) pada tahun 2021.

Pjs Kades Pajar Bulan, Sarjohan, mengatakan, kedua fasilitas tersebut sebelumnya di bangun oleh Dinas PUPR Kaur. Agar tak menyalahi aturan pengunaan DD dalam hal pembangunan. Dia bersama unsur pemerintahan serta BPD didesanya akan menemui Dinas PUPR Kaur. Guna melakukan koordinasi terkait dua usul yang disampaikan warganya.

“Usulnya memang belum final jadi semua usul warga kami tampung dulu. Supaya tidak menyalahi aturan, kami daa waktu dekat akan ke kantor Dinas PUPR untuk berkonsultasi. Dan kalau bisa mengajak mereka meninjau kedua lokasi. Kalau dalam pandangan kami warga Desa Pajar Bulan. Kedua fasilitas ini memang sudah layak direbab,” ungakap Pjs Kades, Selasa (13/10).

Sarjohan menceritakan, kondisi tanjakan dijalan menuju perkebunan Air Kandis. Memiliki panjang 10 meter, dengan kemiringan hampir 45 derajat. Dengan kondisinya yang telah berlubang. Kondisi tersebut tentu membahayakan pengguna kendaraan. Telah terjadi beberapa kali kecelakaan kendaraan di tempat tersebut, beberapa kali terjadi sepeda motor terjatuh lantaran menghantam lubang yang cukup dalam.

Jalan menuju sentra pertanian itu kini hanya dilalui sepda motor. Sedang untuk kendaraan roda empat. Harus mememutar jalan melalui jalan di Desa Sukarami. Sedangkan untuk Saluran irigasi dipersawahan dianggap perlu mendapat perehaban. Lantaran aliran air yang tak lagi lancar. Ketika hujan cukup lebat membuat tanaman padi warga terendam.

“Keduanya merupakan kebutuhan vital warga kami. Karenanya kami perlu melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk penyelesaiannya,” tutupnya. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here