Beranda Pendidikan US Diawasi Ketat, Ingatkan Murid Jujur

US Diawasi Ketat, Ingatkan Murid Jujur

72
0
HERY/RKa
KONSENTRASI : Peserta didik kelas VI SDN 1 Kaur konsentrasi mengerjakan soal US, Senin (20/4). Terlihat tenaga pengajar mengawasi berlangsungnya evaluasi.

RADARKAUR.ID – Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di SDN 1 Kaur Desa Suka Bandung Kecamatan Kaur Selatan mendapat pengawasan ketat oleh tenaga pengajar. Ini guna mencegah terjadinya kecurangan, dalam evaluasi akhir penentu kelulusan pelajar kelas akhir tersebut. US yang diikuti 40 peserta didik ini, dilangsungkan tanggal – 28 April.

“Alhamdulillah. Hari ini (Selasa, 20/4) peserta didik kelas VI sekolah kami mengikuti US, sebagai evaluasi terakhir sebelum dinyatakan lulus dari SDN 1 Kaur. Mekanismenya masih luring dengan menggunakan kertas dan pensil,” sampai Kepsek, Desminiarti, S.Pd pada RKa, Selasa (20/4).

“Sebelum dimulai tadi anak-anak kami kumpulkan dulu. Lalu kami minta untuk jujur dalam evaluasi. Dengan tidak mencontek kepada teman atau membawa catatan kecil secara sembunyi,” lanjut kepsek.

Bersikap jujur dalam ujian, menurut Odang Des -sapaan akrab Kepsek-, merupakan praktek dari penanaman karakter jujur, salah satu dari materi pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 atau K-13.

“Kalau memang tak ditemui anak-anak curang dalam US, berarti pendidikan karakter yang kami berikan berhasil. Begitu pula sebaliknya,” kata Desminiarti.

Agar peserta ujian dapat berkonsentrasi mengerjakan soal evaluasi. Murid kelas I hingga kelas V diliburkan selama pelaksanaan US. Peserta didik akan kembali masuk sekolah pad atanggal 29 April nanti.

“Mudah-mudahan evaluasi ini berjalan sesuai harapan. Dan anak-anakku yang mengikuti US semuanya berhak dan memenuhi standar untuk dinyatakan lulus,” tutupnya. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here