Beranda Berita Utama Upal untuk Beli Pupuk

Upal untuk Beli Pupuk

26
0

RKa ONLINE, BINTUHAN – Karena ingin membeli pupuk, NO (23) warga Desa Bukit Makmur Kecamatan Muara Sahung, nekat memalsukan uang. Dua lembar pecahan Rp 50 ribu dan satu lembar Rp 100 ribu. Akibat perbuatannya, NO terpaksa meringkuk di dalam sel.

“Untuk tersangka dan barang bukti telah diamankan. Ia dijerat pasal 245 KUHP tentang pengedaran uang palsu dengan ancaman 15 tahun penjara,” ungkap Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono, SIK, MH melalui Kasat Reskrim Iptu Indro Witayuda Prawira, STrK, Rabu (18/8).

Dari hasil penyelidikan, dalam melancarkan aksinya pelaku men-scan uang pecahan Rp 100 dan Rp 50 ribu menggunakan printer. Setelah di-scan, uang tersebut dibelanjakan pelaku untuk membeli pupuk. Lanjut Kasat, pelaku melancarkan aksinya karena tekanan ekonomi. Sehingga ia mempunyai ide menggandakan uang mengunakan kertas HVS. Kemudian diprint dan dipotong, dan dibelanjakan.

“Dari pengakuan tersangka, jumlah uang yang digandakan baru tiga lembar. Pecahan Rp 50 ribu dua lembar dan pecahan Rp 100 ribu satu lembar,” tutup Kasat. (ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here