Beranda Berita Utama Unit Usaha Mebel BUMDes Jati Mulyo

Unit Usaha Mebel BUMDes Jati Mulyo

155
0
HERPIN/RKa
MONEV : Dinas PMD Kabupaten Kaur dan Tenaga Ahli Pendamping Desa monitoring kegiatan BUMDes di Desa Jati Mulyo Kecamatan Padang Guci Hulu, Selasa (23/8).

RKa ONLINE, PADANG GUCI HULU – Mebel adalah unit usaha yang dikelola dan dikembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Jati Mulyo Kecamatan Padang Guci Hulu. Kades Jati Mulyo Abdul Rohim mengatakan daya saing di bidang meubeler ini cukup tinggi. Sehingga BUMDes memiliki tenaga ahli dibidang pertukangan kayu untuk menghasilkan produk unggulan yang bisa bersaing dengan pasar yang ada.

“BUMDEs ini berdiri atas keinginan warga yang membutuhkan unit usaha untuk pertukangan kakyu. Apalagi potensi kayu disini masih cukup banyak dan didukung oleh beberapa tenaga yang sudah ahli,” terang Kades Jati Mulyo, Abdul Rohim saat memberikan penjelasan kepada tim monitoring dan pembinaan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kaur serta Tenaga Ahli Pendamping Desa, Selasa (24/8).

Untuk tenaga profesional, Abdul Rohim yakin tenaga ahli yang dimiliki BUMDes tidak kalah dengan pengrajin kayu yang ada di Pulau Jawa, tetapi mengupayakan produk terjual dan mencari konsumen yang dianggap cukup sulit.

“Kami masih terbentur dengan pemasaran produk. Sedangkan untuk jenis produk, tenaga kami bisa menyesuaikan dengan pesanan. Seperti meja, kursi, lemari, tempat tidur dan lain-lain,” terangnya.

“Saya berharap ada bantuan dan pengarahan dari pemerintah bagaimana menjual produk yang dikeluarkan oleh BUMDes ini,” tutupnya.

Tim Monitoring dan Pembinaan Dinas itu dipimpin Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kaur, Adhar Cilas.M.Si, Kabid PPMD, Khairul Habibi,ST beserta staf dan didampingi oleh Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Kaur Mursalin.SP dan Gusya Herman,SKM beserta pelaksana pendamping lapangan.

Pendamping Desa Teknik Insprastruktur (PDTI) Padang Guci Hulu Wiwin Kurniawan,ST kepada Radar Kaur (RKa) mengatakan hanya memonitoring kegiatan yang sedang berjalan pada BUMDes Jati Mulyo.

“Dinas PMD dan Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Kaur memberikan pengarahan kepada pengurus BUMDes dan meninjau langsung peralatan dan usaha yang sedang dikerjakan,” kata Wiwin Kurniawan.

Kegiatan BUMDes Jati Mulyo cukup baik, lanjut Wiwin Kurniawan, bisa menjadi contoh pada BUMDes di desa lain. (pin)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here