Beranda Lintas Kecamatan Ujung Tahun, Monitor Pembangunan Desa

Ujung Tahun, Monitor Pembangunan Desa

73
0


IST/RKa
MONITOR BANGUNAN DD : Tim monitoring kecamatan cek pembangunan fisik di Desa Bandu Agung, Minggu (20/12).

KAUR UTARA – Dipenghujung tahun anggaran 2020, Tripika Kaur Utara monitoring kegiatan pembangunan desa yang bersumber dari Dana Desa (DD) maupun APBD. Monitoring dalam rangka memastikan kegiatan berjalan sesuai mekanisme dan regulasi aturan yang berlaku. Sehingga, menghasilkan kualitas pembangunan yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat desa selaku pemanfaat bangunan. Disamping itu, monitoring mencegah timbulnya masalah hukum. Tripika cek satu persatu bangunan fisik didampingi oleh tim Pendamping Desa (PD) serta Pendamping Lokal Desa (PLD) selaku mitra desa dalam pengawasan pembangunan.

Camat Kaur Utara, Susnayati, S. Sos mengatakan, monitoring pembangunan desa akan dilaksanakan bertahap. Satu persatu desa akan didatangi guna memantau secara langsung pembangunan. Selain itu, melihat sejauhmana kualitas dan penyelesaian pekerjaan tepat waktu. Sehingga, diharapkan tidak ada desa yang belum menyelesaikan pekerjaan diakhir tahun.

“Monitoring desa dilakukan guna melihat sejauhmana capaian target pekerjaan. Dengan harapan kualitas pembangunan benar terjaga dan bermanfaat,” tutur camat, Minggu (20/12).

Dikatakan camat, ikut dalam kegiatan monitoring ini Bhabinkamtibmas serta Babinsa yang membina desa masing-masing. Selain pengecekan, diharapkan monitoring ini memberi masukan kepada desa. Jika ada ditemukan hal yang kurang baik dapat segera diselesaikan dengan baik. Sehingga, meminimalisir kemungkinan adanya persoalan hukum yang dialami desa. Tugas pengawasan ini sebagai bentuk antisipasi desa menyalahgunakan kewenangan dalam pengelolaan anggaran desa.

“Monitoring kesemua desa ini guna mengecek keberhasilan dalam capaian pembangunan. Dalam monitoring tim memberi masukan dan arahan agar desa dapat melaksanakan pembangunan dengan maksimal,” tutup camat.(xst)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here