Beranda Ragam Tujuh Kuliner Khas Bengkulu Selatan

Tujuh Kuliner Khas Bengkulu Selatan

40
0

RKa ONLINE – KABUPATEN Bengkulu Selatan dikenal memiliki potensi wisata yang sangat besar mulai dari wisata alam, kebudayaan, hingga wisata kulinernya. Jika kamu berkunjung ke kabupaten yang dikenal dengan sebutan “Bumi Sekundang Setungguan” ini, maka wajib untuk mencoba makanan–makanan tradisional khas disana.

Penasaran seperti apa makanan–makanan tradisional khas di kota Manna, Bengkulu Selatan? Yuk langsung saja simak beberapa makanan khas di kabupaten ini yang sudah di rangkum oleh Wartawan Radar Kaur (RKa).

1. Gulai Kamba’ang
Kuliner yang pertama yaitu Gulai Kamba’ang. Gulai kemba’ang merupakan salah satu Makanan Tradisional khas Bengkulu Selatan. Kuliner yang satu ini kaya akan bumbu rempah yang cukup banyak sehingga menghasilkan rasa gulai yang sangat lezat.

Kuah dari gulai ini dilengkapi dengan daun pakis, daun talas, serta kelapa parut sangrai sehingga menghasilkan kuah santan yang gurih dan nikmat. Untuk menikmati santapan yang satu ini, kamu dapat menemukannya di pusat Kota Manna, tepatnya di Pasar Kuatu dan Pasar Ampera.

2. Lemang Tapai

IST/RKa
NIKMAT : Lemang Tapai yang merupakan kuliner khas Kabupaten Bengkulu Selatan terlihat sangat nikmat untuk di makan.

Lemang Tapai merupakan makanan khas Suku Serawai Bengkulu Selatan. Lemang adalah beras ketan yang dimasak dengan santan dalam bambu muda. Bahan utamanya adalah beras ketan putih, santan kelapa, daun pandan, dan sedikit garam.

Beras ketan dicuci sampai bersih dan dimasukan ke dalam ruas bambu muda yang terlebih dahulu dilapisi dalamnya dengan daun pisang kemudian baru dituangkan santan ke berasnya dan di bakar dengan bara api, dijaga jangan sampai ruas bambu terbakar. Sedangkan tapai adalah tape beras ketan hitam yang dibuat dengan memfermentasikan beras ketan dengan ragi.

Kuliner yang satu ini yang satu ini biasanya banyak dijumpai di pasar-pasar tradisonal yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

3. Cak Ucung




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here