Beranda Lintas Kecamatan Tiga Pilar Sinergi, Desa Harmonis

Tiga Pilar Sinergi, Desa Harmonis

18
0

RKa ONLINE, LUAS – Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Luas, Mansur mengatakan, bersinerginya pemerintahan desa (pemdes) dengan TNI-Polri, merupakan salah satu langkah tepat untuk menciptakan suasana desa yang aman dan kondusif. Caranya, memaksimalkan peran kepala desa, anggota Babinsa, dan Bhabinkamtibmas yang tren disebut “tiga pilar” itu dalam menganyomi masyarakat desa.

Ia tak menampik, dalam kehidupan sosial masyarakat, tidak bisa dipungkiri kerap terjadi gesekan atau konflik yang tentunya mengganggu kamtibmas. Kondisi ini harus diminimalisir agar tercipta kehidupan bermasyarakat yang damai dan harmonis.

“Dalam kondisi tersebut, seorang pimpinan desa harus mampu bersinergi dengan anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa,” ujar Mansur, Sabtu (24/7).

Tiga pilar ini, lanjut Mansur yang juga Kades Cahaya Negeri, haruslah menjadi penengah bahkan moderator, dalam saat terjadi pergesekan antar warga. Menurutnya, ketiga pilar sejatinya memang memiliki tugas serta fungsi yang berbeda. Namun, tugas dan fungsi ini saling berkaitan dan tidak bisa lepas satu sama lain.

Tupoksi seorang kades, jelasnya, yaitu harus memegang teguh pengamalan Pancasila, UUD 1945 serta dapat memelihara keutuhan NKRI. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memelihara ketentraman dan ketertiban, merupakan hal penting yang dibutuhkan oleh masyarakat dari peran seorang kades.

“Lalu menurut yang saya ketahui, tupoksi Bhabinkamtibmas yakni dapat membimbing masyarakat untuk memelihara keamanan, ketertiban, penegakan hukum, perlindungan, dan pengayoman kepada masyarakat,” kata ketua FKKD Luas.

“Sedang Babinsa Babinsa harus dapat memberikan penyuluhan pembangunan masyarakat desa di bidang pertahananan dan keamanan negara,” tambahnya.

Mansur mengimbuhkan, melalui sinergi tiga pilar ini, ia optimistis akan tercipta suasana harmonis dalam kegiatan bermasyarakat. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here