Beranda Lintas Kecamatan Ternak Meresahkan, Pemda Diminta Tegas

Ternak Meresahkan, Pemda Diminta Tegas

210
0

RKa ONLINE, NASAL – Persoalan ternak liar di Desa Suku Tiga Kecamatan Nasal tidak bakal bisa diselesaikan oleh pemerintahan desa (Pemdes). Persoalan hewan ternak ini harus ada campur tangan Pemda Kaur dalam penegasan di lapangan. Selagi tidak ada ketegasan dalam pelaksanaan Perda di lapangan. Persoalan ternak khususnya kerbau di Desa Suku Tiga Kecamatan Nasal tidak akan selesai. Sebab pemilik kerbau bukanlah warga setempat. Semua kerbau di lokasi Desa Suku Tiga milik orang luar desa dan kecamatan.

“Kami tidak mampu menyelesaikan persoalan kebau yang berkeliaran di Sungai Nasal. Karena kami sudah berulang kali mencoba untuk menyelesaikan persoalan akibat kerbau ini. Tapi pemilik ternak yang berasal dari Bintuhan mengatakan bukan akibat kerbau mereka. Sehingga persoalan di alami petani tidak ada selesai,” sebut Kades Suku Tiga, Johari.

Akibatnya, tambah dia, sampai terjadi kasus kerbau kena jerat dan disembelih. Perlu diketahui, kerbau di Sungai Nasal ini memang sudah meresahkan. Karena tanaman petani selalu rusak akibat kawanan kerbau ini. Jika dihubungi pemilknya, mereka selalu berkata bukan kerbaunya. Oleh sebab itulah dia sepakat, jika Pemda melakukan ketegasan menembak bius hewan ternak berkeliaran.

“Kami sudah bingun jika ada kerbau merusak tanaman warga. Karena kami selalu mendapatkan jalan buntuk. Pemilik kerbau tidak mau mengindahkan apa yang kami sampaikan. Karena itulah kami berharap ada campur tangan Pemda dalam hal ini,” sebut Kades Suku Tiga. (mrn)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here