Beranda Berita Utama Ternak Ayam 16 Ribu Ekor, Jauh Dari Pemukiman

Ternak Ayam 16 Ribu Ekor, Jauh Dari Pemukiman

206
0
BAHMAN/RKa
KANDANG AYAM : Pengusaha Dewi Cell, Dedek Setiawan mendirikan kandang ayam potong di Desa Pagar Dewa Kecamatan Tetap, Selasa (23/2).

TETAP – Usaha kandang ayam potong yang baru berdiri di Desa Pagar Dewa Kecamatam Tetap sudah mengantongi izin. Dan jalur kabel listrik sudah dipasang 10 tiang terbuat dari besi.

“Kandang ayam potong sudah mengantongi izin yang dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kaur. Dan tiang listrik sudah dipasang sebanyak 10 tiang,” kata pemilik usaha ayam potong, Dedek Setiawan (32), Selasa (23/2).

Kandang ayam berdiri dua lantai dengan ukuran 12 X 50 Meter (M) akan menampung ayam potong sebanyak 16 ribu ekor. Jarak dari pemukiman lebih kurang 2 Kilo Meter (KM). Kandang dibuat secara permanen dan bukan kandang terbuka. Melainkan semua dinding dan lantai ditutup dengan plastik terpal sesuai ukurannya.

“Kandang ayam potong terbuat dari bambu dan kayu beratap asbes. Disekeliling dinding dan lantai dipasang plastik terpal sesuai ukurannya. Kandang ayam nantinya tidak menimbulkan bau dan lalat,” jelasnya.

Dengan menggunakan peralatan yang canggi seperti empat unit mesin blower penyedot bau dan pengering kotoran. Sehingga tidak menimbulkan aroma tidak sedap pada kandang ayam. Bagian lantai ditaburi dengan sekam kulit padi bertujuan untuk alas kandangnya. Ayam potong mulai beroperasi sekitar Bulan Maret 2021 mendatang.

“Pembesaran ayam potong diharapkan kedepan dapat mengatasi kebutuhan ayam di Kota Bintuhan dan sekitarnya. Bahkan ayam potong juga akan dikirim ke daerah tetangga hingga kota lainnya,” harap Dedek yang juga pemilik usaha Dewi Cell di Desa Gedung Sako Kecamatan Kaur Selatan ini. (man/krn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here