Beranda Bengkulu Selatan Terkait Bimtek, Kemang Manis Akan Diaudit

Terkait Bimtek, Kemang Manis Akan Diaudit

59
0


REGA/RKa
BERI KETERANGAN : Kadis PMD BS, Hamdan Syarbaini,S.Sos sedang memberi keterangan kepada awak media terkait audit Desa Kemang Manis, Selasa (06/04).

BENGKULU SELATAN (BS) – Bimbingan Teknis (Bimtek) yang di lakukan Pemerintah Desa Kemang Manis Kecamatan Pino Raya beberapa waktu lalu. Akan dilakukan audit oleh Inpektorat Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) dalam waktu dekat. Hal ini merupakan instruksi Bupati BS, Gusnan Mulyadi,SE,MM. Pasalnya, Bimtek yang di lakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Kemang Manis tersebut ada dugaan penyalahan dana saku.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) BS, Hamdan Syarbaini,S.Sos membenarkan, Pemdes Kembang Manis akan dilakukan audit oleh Inspektorat beberapa hari ke depan. Atas dugaan anggaran belanja Bimtek Pemdes Kemang Manis Kecamatan Pino Raya yang diduga melebihi anggaran. Dari hasil audit Inspektorat, akan ditindaklanjuti oleh PMD.

“Bapak Bupati BS menginstruksikan Inspektorat untuk melakukan audit terhadap Pemdes Kemang Manis. Kemudian, hasil audit itu nantinya akan ditindaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Dikatakannya, pada saat melakukan Bimtek ke Jakarta, Pemdes Kemang Manis diketahui belum mengantongi izin dari Dinas PMD. Bahkan, mereka tidak melakukan Musyawarah Desa (Musdes) untuk melakukan Bimtek ke Jakarta. Padahal, di tengah pandemi Covid-19, izin keluar daerah wajib dilakukan meskipun hendak melakukan kegiatan.

“Memang Pemdes Kemang Manis yang melakukan Bimtek ke Jakarta sudah mendapatkan izin dari Camat. Namun, belum mendapatkan izin dari pihaknya untuk diteruskan ke Bupati BS,” tegasnya.

Dijelaskannya, pihaknya berharap, bagi Pemdes yang ada di Kabupaten BS yang hendak melakukan pelatihan Bimtek. Harus sesuai dengan bidangnya, proses dalam penyelenggaraan Bimtek harus benar, jangan sampai menggunakan pelayanan terhadap masyarakat dan lain-lainnya.

Bupati BS, Gusnan Mulyadi,SE,MM mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada Inspektorat untuk melakukan pemeriksaan terhadap Pemdes Kemang Manis. Apabila, nantinya memang mempunyai permasalahan maka pihaknya melakukan sanksi tegas kepada Pemdes tersebut begitu juga sebaliknya.

“Saya sudah instruksi kepada Inspektorat untuk melalukan pemeriksaan terhadap Pemdes Kemang Manis,” ujar dia. (rjs)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here