Beranda Lintas Kecamatan Terganjal Lahan, Destinasi Wisata Sulit Berkembang

Terganjal Lahan, Destinasi Wisata Sulit Berkembang

84
0


HERY/RKa
INDAH: Keindahan Alam Pantai Air Langkap di Desa Pajar Bulan merupakan potensi besar objek wisata yang belum terkelola maksimal, Jumat (5/3).

KAUR TENGAH – Kabupaten Kaur, khususnya di Kecamatan Kaur Tengah, memiliki banyak potensi wisata alam, berupa pantai yang indah. Namun, lantaran lahan di kawasan pantai merupakan lahan pertanian milik warga, menuntut pembebasan terlebih dahulu, agar tak menimbulkan sengketa dikemudian hari.

“Hampir setiap lokasi yang berpotensi itu berada di lahan milik warga. Tentu agar dikemudian hari tak menimbulkan konflik, pembebasan lahan harus dilakukan sebelum dikelola,” ujar tokoh masyarakat (Tomas) Desa Pajar Bulan, Herman, S.Pd pada RKa, Jumat (5/3).

Ia mencontohkan Pantai Air Langkap yang memiliki potensi sebagai objek wisata pantai, namun keindahan tersebut belum terkelola maksimal. Faktor pertama yang harus dilakukan dalam pengelolaan adalah perbaikan akses jalan sehingga bisa dilewati kendaraan roda empat. Namun, jalur menuju lokasi wisata itu melewati persawahan warga, menuntutkan pembebasan lahan terlebih dahulu.

“Banyak tantangan yang harus dilewati untuk mengembangkannya. Namun, secara bertahap tentu hal itu akan terealisasi,” tutupnya. (yie)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here