Beranda Lintas Kecamatan Temukan Bunga Bangkai Setinggi 2 Meter

Temukan Bunga Bangkai Setinggi 2 Meter

336
0
IST/RKa
TEMUKAN : Karang Taruna Tunas Muda Desa Air Gading Kecamatan Lungkang Kule temukan amorphophallus titanum di pinggiran Sungai Kule, Sabtu (21/8).

RKa ONLINE, LUNGKANG KULE – Karang Taruna Tunas Muda Desa Aur Gading Kecamatan Lungkang Kule temukan bunga bangkai (amorphophallus titanium) setinggi 2 meter di pingiran Sungai Kule. Bungai bangkai sering disamakan dengan bunga padma raksasa (rafflesia arnoldi). Kedua flora tersebut berbeda, namun banyak orang menganggapnya sama karena keduanya menghasilkan bau busuk dan mempunyai ukuran sangat besar. Bahkan padma raksasa menyandang predikat sebagai bunga terbesar di dunia.

Ketua Karang Taruna Tunas Muda Desa Air Gading, Bogi Adrian menjelaskan bunga bangkai yang ditemukan oleh 8 orang karang taruna setinggi 2 meter yang ada di pingiran sungai.

“Lokasi tidak jauh dari Desa Aur Gading,” kata Ketua Karang Taruna.

Masih kata dia, bunga bangkai merupakan bagian dari kekayaan hayati Indonesia. Tumbuhan yang hidup di kawasan hutan tropis ini ini sekaligus menjadi flora endemik Sumatera.

“Bunga bangkai adalah anggota dari keluar araceae atau talas-talasn. Pada satu umbi bunga umumnya muncul satu tunas. Ukuran dan bentuk umbi bervarias tergantung jenisnya. Ukuran garis tengah umbi bungai bangkai sekitar 80 Cm saat dewasa. Sedangkan beratnya dapat mencapai 100 kg,” ujarnya.

Ketua Komunikasi Puspa Langkah, Nopri, Sabtu (21/8) mengatakan tanaman ini termasuk dilindungi. Flora ini tumbuh alami di hutan Sumatera dan menjadi tanaman endemik kawasan ini.

“Ketinggian daerah tumbuh bunga bangkai sekitar 120 sampai 135 mdpl. Beberapa kawasan yang menjadi lokasi tumbuhnya adalah hutan sekundar, ladang penduduk, pinggir aliran sungai serta hutan bagian tepi,” ungkap Nopri.(pin)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here