Beranda Bengkulu Selatan Tebat Gelumpai Jaga Serapan Air

Tebat Gelumpai Jaga Serapan Air

98
0
REGA/RKa
DESAIN: Bupati BS Gusnan Mulyadi,SE,MM memperlihatkan desain Tebat Gelumpai, Rabu (15/9).

RKa ONLINE, BENGKULU SELATAN (BS) – Tebat Gelumpai yang sedang di Kecamatan Kota Manna dan Pasar Manna bangun Pemda BS. Lokasi ini menjadi lokasi resapan air yang diajukan Pemda BS ke pemerintahan pusat. Perlu juga diketahui, bukan saja sebagai tempat resapan air. Lokasi ini juga menjadi nantinya akan didesain seperti lokasi wisata.

Bupati BS Gusnan Mulyadi,SE,MM mengatakan, pembangunan Tebat Gelumpai sengaja di desain seperti wisata. Karena, sembari menjaga resapan air tanah juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk bersantai. Namun, fungsi utama dibangunnya Tebat Gelumpai ini untuk menjaga sumber air yang ada di bawah tanah agar tidak kering. Jika resapan air sampai kering maka menyebabkan kekeringan di tengah kota di Kabupaten BS. Mengatasi ke khawatir itu, pihaknya memiliki inovasi dengan melakukan rehabilitasii Tebat Gelumpai.

“Ya, Tebat Gelumpai kita bangun sebagus mungkin. Fungsinya menjaga resapan air tanah untuk menjaga kebutuhan air di masyarakat. Selain itu lokasi ini nantinya kita jadikan tempat wisata. Bahkan nantinya akan bangun pasar apung di sana,” ujarnya, Rabu (15/9).

Lanjutnya, pembangunan Tebat Gelumpai diprediksi rampung tahun depan. Karena, masih banyak yang hendak di bangun, seperti pasar apung, kios warga yang berjualan. Diharapkan, bukan saja sebagai resapan air, Tebat Gelumpai ini juga akan menjadi sumper penghasilan masyarakat, dengan cara berjualan berabagi koliner dan supenir.

“Pastinya Tebat Gelumpai ini nantinya akan menjadi sumber penghasilan warga. Karena, mereka bisa berjualan dan menambah wisata yang ada di Kabupaten BS,” papar dia.(rjs)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here