Beranda Pendidikan Tari SMPN 21 Kian Populer

Tari SMPN 21 Kian Populer

77
0
IST/RKa
TAMPIL: Peserta didik SMPN 21 Satap Kaur ketika menarikan Tari Sapu Tangan di salah satu resepsi pernikahan di Kecamatan Tetap, beberapa hari lalu.

RKa ONLINE, TETAP – Dalam rangka melestarikan budaya lokal daerah, sejak kurun waktu beberapa tahun terakhir, peserta didik SMPN 21 Satap Kaur Desa Tanjung Agung Kecamatan Tetap secara giat mempelajari tarian tradisional Kabupaten Kaur. Bahkan, program sekolah mengharuskan peserta didik paling tidak menguasai satu jenis tarian sebagai syarat kenaikan kelas bahkan kelulusan.

Hasil kerja keras peserta didik di satuan pendidikan yang kini dipimpin Kepsek, Milyan Firdaus, S.Pd ini, dalam melestarika budaya daerah, khususnya wilayah daerah Hulu Tetap kian menampakkan hasil. Di tengah ramainya resepsi pernikahan pasca Idul Fitri 1442 Hijriyah, sanggar tari sekolah mereka makin sering di undang untuk tampil dalam acara adat pernikahan.

“Hampir setiap ada acara pernikahan khususnya di wilayah Kecamatan Tetap, anak-anak kami selalu diundang untuk tampil. Alhamdulillah. Antusiasme masyarakat terhadap budaya daerah, khusus tari perlahan kembali bangkit lagi,” ujar Kepsek, Sabtu (5/6).

“Secara tidak langsung apa yang kami lakukan selama ini dalam melestarikan budaya daerah, mulai membuahkan hasil yang baik,” lanjutnya.

Untuk setiap kali tampil, lanjut Milyan, pihaknya tak mematok tarif khusus. Karena, selain melestarikan budaya daerah, dengan tampil di hadapan ramai akan menempah mental berani dalam peserta didiknya.

“Latihan mental untuk anak-anak. Karena percuma ketika seseorang memiliki kemampuan, tapi tak berani tampil di hadapan umum,” tutupnya. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here