Beranda Lintas Kecamatan Tari Andun Khas Padang Guci

Tari Andun Khas Padang Guci

117
0

TANJUNG KEMUNING – Tari andun menjadi salah satu tarian rakyat yang dilakukan pada saat pesta pernikahan.Tarian ini biasa dilakukan oleh bujang dan gadis secara berpasangan pada malam hari dengan iringan musik kolintang.

Kepada Radar Kaur, Ino Hakim menjelaskan, tari andun merupakan kesenian khas Padang Guci dan Bengkulu Selatan. Tetapi tarian ini sudah tidak banyak lagi yang mengetahui. Tetua dusun sudah hampir habis yang mengetahui langkah dan gerak fungsi fungsi tarian teraebut.

“Sebagai bentuk pelestariannya, saat ini tari andun dijadikan sebagai salah satu sarana hiburan bagi masyarakat. Tari andun ditampilkan sebagai ungkapan rasa kegembiraan dan syukur. Tarian ini dibedakan menjadi dua, berdasarkan kelompok penari, “ ungapnya
Lanjut Ino Hakim, kelompok yang menari hanya putra atau putri. Kelompok lelawanan, ditarikan secara berpasangan dari kelompok putra dan putri.

“Tari andun terdiri dari tiga gerak yang diselaraskan dengan gerak maju dan mundur langkah kaki. Jumlah penari, baik bujang maupun gadis tidak dibatasi berapa pasang. Namun, saat pertunjukan biasanya ada tiga pasang.” ungkapnya.(cw1)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here