Beranda Politik dan Hukum Tanpa Potongan, BLT DD Guru Agung 1 September Tuntas

Tanpa Potongan, BLT DD Guru Agung 1 September Tuntas

46
0
HERPIN/RKa
SALURKAN : Camat Kaur Utara serahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Guru Agung bulan Agustus dan September 2021 di Kantor Desa setempat, Kamis (2/9).

RKa ONLINE, KAUR UTARA – Desa Guru Agung I Kecamatan Kaur Utara kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa untuk 53 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Walaupun status PPKM akibat Covid 19 sudah level dua. Namun Pemdes Guru Agung 1 tetap meminta warga yang hadir di Kantor Desa selalu mematuhi protokol kesehatan.

Kades Guru Agung Sarwan Sono saat diminta keterangan menerangkan pihaknya tidak pernah melakukan potongan terhadap BLT DD. Apalagi memanupulasi data penerima BLT-DD. Jumlah warga yang BLT DD memang lebih banyak dari yang dianggarkan. Sehingga besar dana yang diterima warga menjadi lebih kecil dari yang dianggarkan. Namun hal itu sudah menjadi kesepakatan dalam musyawarah desa khusus (musdessus). Bahwa dalam Rencana Anggaran Belanja Dana Desa hanya ada 53 KPM yang dianggarkan, sementara warga penerima berjumlah 86 KPM.

“Ada dasar sehingga yang menerima BLT DD lebih dari 53 KPM, menjadi 86 KPM ini sudah menjadi kesepakatan warga yang diketahui oleh Badan Permusyawaratan Desa,” Kata Sarwan Sono.

Masih kata Sarwan Sono, tidak ada pemotongan satu persenpun dalam penyaluran BLT DD. Kesepakatan warga untuk dibagi tentu saja diketahui oleh seluruh warga dan BPD Guru Agung 1.

“Informasi ada pemotongan oleh Kades BLT DD yang diberitakan oleh salah satu media online tidak benar, dan tidak mendasar. Pemberitaannya terburu-buru dan tidak melakukan verifikasi terlebih dahulu,” ujarnya.

Sambungnya, dalam APBDes perubahan, dana BLT sudah ditambah. Tidak lagi untuk 53 KPM tetapi akan dimasukan sebanyak 86 KPM.

“Iya dasar Pemdes Guru Agung 1 sangat jelas atas musyawarah desa khusus. Dan memiliki tanda tangan warga dan berita acara, diketahui oleh BPD,” ujarnya.

Tambahnya, untuk menjadi pertimbangan jika didesa tidak ada permasalahan dengan BLT DD ini, kedepannya daftar penerima BLT DD akan dirubah sesuai dengan penerima.(pin)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here