Beranda Berita Utama Tanda-Tanda Orang Cerdas

Tanda-Tanda Orang Cerdas

42
0

TIAP individu memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Ada yang cerdas di bidang matematika, ada yang menonjol di bidang seni. Namun, ada beberapa ciri-ciri yang khas dari orang-orang yang cerdas.

Melansir dari Business Insider, orang yang cerdas cenderung meragukan kemampuannya. Fenomena ini dinamakan efek Dunning-Kriuger. Ada beberapa ciri-ciri orang yang cerdas dan jenius. Orang cerdas biasanya lebih pendiam dibandingkan dengan orang lain.

Selain pendiam, ada ciri-ciri lain yang menunjukkan Anda orang yang cerdas. Simak ciri-ciri orang cerdas di bawah ini yang dihimpun dari Business Insider dan Inc:

* Aktif saat malam hari

Salah satu ciri Anda adalah orang yang cerdas adalah aktif saat malam hari. Istilah yang biasa dipakai adalah Night Owl.  Orang yang memiliki kecerdasan yang tinggi cenderung lebih aktif bekerja di malam hari. Hal ini didasari dari jurnal Personality and Individual Differences yang terbit tahun 2009.

* Humoris

Jika Anda adalah orang yang humoris, bisa saja Anda termasuk orang yang cerdas. Orang-orang yang membuat kartun komedi bisanya memiliki tingkat kecerdasan verbal yang tinggi.

* Memelihara kucing

Orang yang memelihara kucing biasanya memiliki kecerdasan yang tinggi. Sebuah penelitian pada 2004 membuktikan tentang orang yang memelihara kucing dan anjing.
Penelitian tersebut menunjukkan, pemilik anjing cenderung lebih mudah bergaul. Sedangkan pemilik kucing memiliki nilai tes yang lebih pada kemampuan kognitif.
Anak pertama atau  yang tertua menjadi salah satu ciri orang cerdas selanjutnya. Rata-rata anak tertua memiliki IQ 103, sedangkan anak kedua punya skor 100, dan anak ketiga mempunyai skor 99.

Hal itu dibuktikan oleh ahli epidemiologi asal Norwegia. Dia menggunakan catatan militer untuk meneliti urutan kelahiran, status kesehatan, dan skor IQ dari 250.00 tentara berusia 18-19 tahun yang lahir antara tahun 1967-1976.

Temuan ini dipublikasikan pada Juni 2007. Perbedaan skor antara anak pertama hingga ketiga memang tidak banyak, namun cukup signifikan.

Dari temuan tersebut bisa disimpulkan, kecerdasan dipengaruhi oleh faktor psikologis dari orang tua dan anak. Laporan tersebut dilaporkan oleh The New York Times tahun 2007.

* Bertubuh tinggi

Ciri orang cerdas selanjutnya didapat dari sebuah penelitian dari Princeton tahun 2008. Penelitian ini memperlihatkan, orang yang memiliki tubuh tinggi memiliki skor IQ yang lebih baik.
Anak-anak yang lebih tinggi berpotensi memiliki hasil tes kognitif yang lebih baik.

* Berantakan

Berantakan merupakan ciri-ciri orang cerdas selanjutnya. Jika Anda cenderung bekerja di tempat yang berantakan, bisa saja Anda termasuk orang cerdas.
Penelitian yang dilakukan oleh Kathleen Vohns dari University of Minnesota menjelaskan, orang yang bekerja di tempat yang berantakan cenderung memiliki kreativitas yang tinggi.

Ada 48 peserta yang diminta untuk melakukan hal yang tidak biasa menggunakan bola pingpong.

Sebanyak 24 peserta yang bekerja di ruangan yang rapih menunjukkan tingkat kreativitas yang rendah. Sedangkan 24 peserta yang menggunakan ruangan yang berantakan menunjukkan kreativitas yang baik. (net)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here