Beranda DESAKU Syarat Calon BPD Tamat SMP

Syarat Calon BPD Tamat SMP

97
0


TANJUNG KEMUNING – Panitia pemilihan calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Padang Tinggi buka pendaftaran. Panitia menerima berkas pendaftaran paling lambat tanggal 26 Agustus pukul 00.00 WIB. Setelah pendaftaran ditutup, panitia akan menggelar pungut hitung perolehan suara bagi calon yang terdaftar. Namun, jika pada saat ditutup pendaftar kurang dari lima orang maka akan diperpanjang kembali. Bagi masyarakat yang berminat mencalonkan diri sebagai BPD dapat menghubungi panitia pelaksana. Panitia menetapkan syarat pendaftaran berupa foto copi ijazah terakhir minimal tingkat SMP sederajat, foto copi KTP, surat pernyataan bersedia menjabat sebagai BPD, surat cuti bagi anggota BPD aktif yang kembali mencalonkan diri, surat keterangan sehat, surat pernyataan siap menerima hasil pemilihan dan surat permohonan menjadi anggota BPD.

Ketua panitia pemilihan BPD Padang Tinggi, Efrianto mengatakan, pendaftaran ditutup tanggal 26 Agustus pukul 00.00 WIB. Pada saat mendaftar usia calon paling rendah 20 tahun atau sudah menikah. Pemilihan anggota BPD akan digelar langsung dengan pemungutan suara. Calon yang meraih suara terbanyak akan menjabat sebagai ketua. Begitu seterusnya hingga suara paling terakhir di lima besar.

“Hasil pemilihan BPD akan dilaporkan ke kecamatan dan diteruskan ke kabupaten untuk melengkapi berkas. Kemudian, calon terpilih menunggu penyerahan Surat Keputusan (SK) pengangkatannya,” ujar Efrianto, Senin (24/8).

Pelaksanaan pungut hitung suara calon BPD nantinya akan dihadiri oleh camat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Panitia berharap, pelaksanaannya berjalan lancar dan tertib hingga akhir, kata Efrianto. Ditambahkan ketua panitia ini, penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam proses. Nantinya, setelah sudah ditetapkan para calonnya, akan di bahas bersama kandidat. DPT harus disetujui oleh kandidat, maka dari itu akan dibahas bersama terlebih dahulu sebelum mencetak surat suara yang akan dipergunakan pada hari pungut hitung.

“DPT sangat rawan menjadi benih konflik. Maka dari itu, panitia akan membahas bersama calon. Begitu pula, tekhnis pelaksanaan pencoblosan surat suara perlu persetujuan calon,” bebernya.(xst)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here