Beranda Politik dan Hukum Syarat Cakades Sesuai Petunjuk

Syarat Cakades Sesuai Petunjuk

24
0

RKa ONLINE, LUNGKANG KULE – Pendaftaran Calon Kepala Desa (Cakades) di Kabupaten Kaur sudah dekat. Yakni 13 – 19 September 2021. Cakades dipersilahkan untuk melengkapi syarat sebelum tanggal tersebut. Camat Lungkang Kule Mirtandani,S.KM,MM kepada Radar Kaur (RKa) mengatakan bahwa syarat cakades tidak berubah seperti pilkades awal tahun.

“Ada 15 point yang harus dilengkapi. Syarat ini mutlak atau wajib diserahkan ke Panitia Pilkades Desa setempat,” ujarnya.

Masih kata dia, memang ada kesempatan melengkapi kekurangan berkas persyaratan selama 3 hari. Tetapi lebih baik dipersiapkan dengan matang.

“Panitia Pilkades harus jeli dengan syarat yang ada, tidak boleh ditambah ataupun dikurangi, ikuti saja ketentuan yang sudah berlaku,” jelasnya.

Salah satunya, lanjut Mirtan, surat penyataan memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, Melaksanakan Undang Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945, serta mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Syarat lain yang termasuk dalam 15 point adalah paling rendah calon Kades tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan umur sekurang kurangnya berusia 25 tahun,” ungkapnya.

Ditambahkanya, tentu saja calon kades pelajari dulu syarat yang ada, ataupun bertanya langsung ke Panitia Pilkades desa setempat. Jika memang belum puas dengan jawaban Panitia Pilkades bisa saja ke kecamatan ataupun Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kaur.(pin)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here