Beranda Bengkulu Selatan Swab Antigen, 2 Anggota Kodim Reaktif

Swab Antigen, 2 Anggota Kodim Reaktif

278
0
IST/RKa
SWAB ANTIGEN: Dandim 0408 BS/K, Letkol Inf Yudha Nugraha bersama istrinya sedang melakukan swab antigen di Makodim 0408 BS/K, Kamis (21/01).

BENGKULU SELATAN (BS) – Dari 340 anggota Kodim 0408 BS/K yang mengikuti swab antigen di Makodim BS/K, Kamis (21/01) sekira pukul 08.00 Wib, 2 orang reaktif. Kedua anggota ini akan langsung dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari kedepan. Kedua anggota, diketahui reaktif Covid-19 setelah berpulang dari Rumah Sakit Umum Hassanudin Damrah (RSUHD) Manna. Kemudian, sampel kedua anggota reaktif dikirim ke Palembang untuk memastikan bahwa memang terkonfirmasi Covid-19 atau tidak.

Dandim 0408 BS/K, Letkol Inf Yudha Nugraha membenarkan, dua anggotanya reaktif Covid-19. Keduanya memiliki riwayat perjalan dari berkunjung ke RSUHD Manna membesuk keluarga mereka yang sedang di rawat di rumah sakit. Saat ini kedua anggota beserta keluarganya sudah dilakukan isolasi mandiri. Untuk memastikan mereka tidak keluar rumah pada saat isolasi mandiri akan dilakukan pengawasan ketat masing-masing dua orang pengawas. Selain itu, mereka juga akan diberi makanan sehat dan istirahat cukup selama proses isolasi mandiri. Dikatakanya, untuk masyarakat yang pernah kontak langsung dengan dua anggota reaktif Covid-19, pihaknya akan melakukan penelusuran kemudian akan dilakukan swab antigen. Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

“Semuanya non reaktif semua hanya dua orang anggota yang reaktif. Bahkan keluarganya kita suruh isolasi mandiri untuk makanan akan kita bantu selama proses isolasi. Agar mereka tidak kehabisan stok makanan pada saat melakukan isolasi mandiri. Setelah usai dilakukan isolasi mandiri selama 14 maka akan di lakukan swab antigen jika kembali reaktif akan di isolasi mandiri kembali,” tegasnya, Kamis (21/01).

Lanjutnya, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan penyemprotan disenfektan di Kodim 0408 BS/K dan seluruh Koramil di Kabupaten Kaur dan Kabupaten BS. Dengan meminta bantuan kepada Satgas Percepat Penanganan Covid-19 Kaur dan BS. Meskipun dua anggota dinyatakan reaktif Covid-19 Kodim 0408 BS/K dan Koramil akan tetap beroprasi seperti semula. Bahkan, rutinitas kegiatan pada umumnya akan tetap dilaksanakan.

“Kita tetap beroperasi seperti semulanya untuk kegiatan akan tetap kita laksanakan seperti sebelumnya. Namun, mulai besok, Jumat (21/01) kita akan berjemur selama setengah jam di lapangan Makodim BS begitu juga untuk Koramil BS dan Koramil Kaur,” ungkapnya.

Ditambahnya, untuk anggota yang dinyatakan reaktif Covid-19, datanya akan dilaporkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten BS. Kemudian, mereka juga akan melaporkan kepada Korem 041 Garuda Mas (Gamas) Bengkulu. Mereka berharap, kepada masyarakat Kabupaten BS dan Kaur agar terus mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19. Sebab, wabah Covid-19 ini memang betul-betul nyata.

“Kita ingatkan kepada masyarakat agar terus menggunakan Prokes Covid-19,” ujar dia.(rjs)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here