Beranda Berita Utama Yang Ter Sungai Terpendek

Sungai Terpendek

50
0


YANG namanya sungai sudah pasti panjang bukan? Seperti sungai Nil yang dinobatkan sebagai sungai terpanjang di dunia karena mencapai 6.695 km. Berbeda dengan sungai yang ada di Indonesia satu ini, dinobatkan sebagai sungai terpendek di dunia, sungai Tamborasi yang berada di Kolaka, Sulawesi Selatan ukurannya pendek banget.

Panjangnya cuma 20 meter dengan lebar mencapai 15 meter, lebih tepatnya sungai ini disebut danau sih kalau cuma punya ukuran seperti itu, namun karena aliran airnya mengarah ke bibir pantai menjadikan sungai Tamborasi disebut sebagai sungai. Kalau airnya tidak mengalir maka ia akan disebut sebagai danau.

Air dari sungai terpendek di dunia ini sangat jernih dan letaknya berada tepat berjejeran antara bibir pantai dengan hutan lebat. Berenang di sungai ini juga cukup aman karena tidak ada hewan buas yang akan memangsa, hehehe. Dan jujur saja sungai ini sangat instagramable banget buat kamu yang suka hunting foto.

Jangan kaget ya saat berenang di sungai ini karena kamu akan merasakan perbedaan suhu. Air yang berada di hilir akan terasa lebih dingin, sedangkan di bagian hulu akan terasa lebih hangat karena bertemu dengan air laut.

Sungai terpendek di dunia ini terletak 90 km dari kota Kolaka dengan waktu tempuh 1-2 jam. Oh iya! Ada mitos yang beredar di masyarakat tentang sungai Tamborasi ini lho! konon bagi wisatawan yang datang ke Sungai Tamborasi Kolaka ini dan berhasil mengikatkan tali pada akar pohon di sekitaran sungai, maka jodoh akan segera menghampiri dirinya. Namun jika yang melakukan hal ini adalah wisatawan yang sudah menikah atau berkeluarga, maka konon hubungan rumah tangganya makin harmonis. Ini sih cuma mitos, kalau dipercaya hati-hati lho… masih ada Tuhan yang Maha Esa yang mengatur semuanya.(net)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here