Beranda Lintas Kecamatan Sungai Kulik Terus Pendangkalan

Sungai Kulik Terus Pendangkalan

21
0

RKa ONLINE, NASAL – Pendangkalan di Sungai Kulik Besar dan Kecil terus terjadi. Bahkan lubuk di dua sungai ini terus mengalami pendangkalan. Kondisi ini jelas akan membuat kerusakan ekosistim air tawar. Sampai saat ini belum ada langkah yang bisa dilakukan oleh pemerintah. Ini dibenarkan oleh Kades Ulak Pandan A.Razied.

“Memang sudah banyak lubuk di Sungai Kulik Besar dan Kecil kini tertimbun. Kondisi ini terus terjadi sepanjang tahun. Dampaknya sudah mulai dirasakan oleh masyarakat. Sebab ikan dan udang yang selama ini banyak sudah semakin sulit didapatkan,” sebut dia.

Lanjut Kades Ulak Pandan, padahal dulunya dua sungai di desa mereka ini adalah bagian tempat masyarakat mencari rezeki. Kalau berdasarkan versi warga yang sering menjaring dan menjala ikan. Kini ikan dan udang di dua sungai ini sudah sulit didapat. Jangankan untuk menjual untuk mendapatkan uang. Untuk konsumsi pribadi saja ikan dan udang sudah nyaris tidak ada lagi.

“Kami berharap ada program pemerintah untuk pengkayaan ekosistim di dua sungai ini. Sehingga ke depannya sungai yang dulu menjadi tempat matapencarian masyarakat bisa kembali seperti dulu,” tutur dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here