Beranda Berita Utama Suami dan Anak Lumpuh, BPNT Nenek Siti Tak Cair Sejak April

Suami dan Anak Lumpuh, BPNT Nenek Siti Tak Cair Sejak April

187
0
IST/RKa
MIRIS: Siti Rahmi (60) tengah berbincang bersama perangkat desa Ulak Lebar didalam tempat tinggal sederhana miliknya, beberapa¬† waktu lalu. Disana terlihat suaminya, Surli (65) –kondisi tertidur– dan Herdisan (45) –baju kuning– dalam kondisi lumpuh.

ONLINE, MUARA SAHUNG – Kades Ulak Lebar, Jonsi Herawansa mengharapkan kejelasan, dengan tidak masuknya anggaran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada salah seorang warga desanya atas nama Siti Rasmi (60) terhitung sejak bulan April hingga sekarang. Padahal, nama yang bersangkutan masih tercatat dalam penerima bantuan. Namun, saat diperiksa rekening milik yang bersangkutan tetap kosong.

“Saya sudah melakukan penelusuran terkait hal ini. Baik kepada Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Muara Sahung atau Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kaur, tentang penyebab hal ini terjadi. Ini agar kami pemerintahan desa bisa memberi penjelasan kepada penerima manfaat, alasan stimulan ekonomi tersebut belum masuk kedalam rekeningnya,” ungkap Jonsi pada RKa, Selasa (14/9).

Terang Kades, dengan kondisi tubuh yang telah uzur, ditambah lagi sang suami Surli (65) serta sang anak laki-laki, Herdisan (45) dalam kondisi lumpuh total. Membuat perempuan ini menjadi tulang punggung keluarga. Sehingga benar-benar layak mendapat stimulan ekonomi. Sang suami telah tak dapat bergerak sejak 47 tahun lalu, sedang si anak sejak balita mengalami kelumpuhan.

“Kalau bukan yang bersangkutan masih terdaftar sebagai penerima bantuan. Tentu telah kami masukkan sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD). Namun ini tak bisa dilakukan mengingat aturan yang ada,” kata Kades Ulak Lebar.

Dirinya berharap, agar kedepannya, pihak yang menangani bantuan sosial (Bansos), secara aktif berkoordinasi dengan Pemerintahan desa. Baik dalam hal pengusulan dan penentuan serta pemberhentian penerima bansos. Ini guna menghindari kesalahpahaman antara masyarakat dengan pemerintahan desa. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here