Beranda Lintas Kecamatan Sorot Pupuk Subsidi jelang Musim Sawah

Sorot Pupuk Subsidi jelang Musim Sawah

99
0
DEDI JULIZAR/RKa
SAWAH: Sawah tadah hujan di Desa Tanjung Baru sedang digarap, Kamis (19/11).

MAJE – Saat menjelang musim petani turun sawah, kuota pupuk subsidi jenis Phonska harus dicermati. Pasalnya, pupuk subsidi jenis ini sering terjadi kelangkaan. Sehingga petani kelabakan saat akan melakukan pemupukan. Karena pupuk jenis ini memang lebih banyak dipergunakan petani dibandingkan jenis urea bersubsidi.

“Memang nyaris setiap musim sawah pupuk Phonska langka. Sehingga membuat kami harus membeli pupuk non subsidi untuk menggantinya. Kalau berdasarkan keterangan pegecer pupuk bersubsidi. Hal ini terjadi karena kouta pupuk Phonska sedikit,” ujar petani sawah Desa Tanjung Baru Sudar (54).

Lanjutnya, kalau saat ini berdasarkan informasi untuk pupuk jenis Urea bersubsidi banyak. Jika tidak ada pembelian dari pihak tertentu secara besar – besaran. Maka kebutuhan akan saat musim sawah akan tercukupi. Kepada pihak pengecer mereka berharap, saat musim sawah pupuk subsidi jangan dijual ke petani kebun.

“Kami berharap kalau musim turun sawah pupuk bersubsidi untuk petani sawah harus diperhatikan. Pupuk bersubsidi jangan dulu dijual ke petani kopi. Kalau kebutuhan kami sudah mencukupi, sisanya silakan dijual ke petani lainnya,” ujarnya. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here