Beranda Pendidikan Soal US Tiap Gugus Beda

Soal US Tiap Gugus Beda

558
0
HERY/RKa
OLAHRAGA: Siswa SDN 47 Kaur sedang praktek olahraga bola voli, Kamis (18/3).

KAUR TENGAH – Kepala SDN 47 Kaur, Herman, S.Pd mengatakan, berdasarkan rapat kelompok kerja kepala sekolah (K3S) wilayah Kaur Tengah – Luas – Muara Sahung, beberapa hari lalu. Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) sebagai penentu kelulusan murid kelas VI, akan dimulai pada 20 April tahun 2021 mendatang. Lalu soal ujian untuk 9 mata pelajaran (mapel) untuk tiga gugus berbeda.

“Ya nanti rencananya untuk US di wilayah kami dimulai 22 Arpil nanti. Hal ini berdasarkan rapat yang kami gelar beberapa hari lalu. Untuk persiapan kini sedang dalam tahapan penyusunan soal oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di tiga gugus,” sampai Kepsek pada RKa, Kamis (18/3).

Tiga pengelompakan gugus disesuaikan dengan wilayah kecamatan. Yakni gugus Kaur Tengah, gugus Luas, dan gugus Muara Sahung. Pembagian gugus agar tak menimbulkan terlalu banyak kerumuman saat pembuatan soal, sehingga menyalahi protokol kesehatan (prokes). Tingkat pencapaian akademik di tiap wilayah tentu berbeda.

Adapun 9 matpel yang dievaluasi dalam US yakni Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidilkan Kewarganegaraan (PKn), Kesenian Keterampilan, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJO-K), dan muatan lokal (Mulok).

“Jadi soal di tiga gugus bentuknya tidak akan sama. Karena disesuaikan dengan pencapaian akademik dimasing-masing gugus. Serta karena pembatasan jumlah peserta tatap muka berdasarkan prokes,” lanjutnya.

Herman mengatakan, meski pelaksanaan US dilakukan serentak. Berbeda halnya dengan pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) ataupun Try Out (TO). Kedua ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan.

Di satuan pendidikannya, Herman menyampaikan, akan melakukan UTS pada tanggal 25 Maret, sebelumnya terlebih dahulu digelar TO mandiri untuk 3 matpel oleh sekolah, tanggal 22 sampai 24 Maret. Mapel yang dievaluasi dalam TO yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

“Mudah-mudahan dalam pelaksanaanya nanti berjalan sesuai harapan,” tutup Kepsek. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here