Beranda Bengkulu Selatan Soal Replanting Sawit, Koptan Datangi Distan

Soal Replanting Sawit, Koptan Datangi Distan

45
0
REGA/RKa
RAPAT: Kepala Dinas sedang memberikan penjelasan kepada kelompok tani replanting di Kabupaten BS di Aula Dinas Pertanian BS, Jumat (06/08).

RKa ONLINE, BENGKULU SELATAN (BS) – Kelompok tani (koptan) Replanting kelapa sawit di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mendatangi Dinas Pertanian Kabupaten BS, Jumat (06/08). Kedatangan mereka untuk meminta kejelasan terkait program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) atau replanting. Sejak tahun 2019 sampai saat ini, program PSR belum berjalan. Sehingga, menimbulkan pertanyaan bagi para kelompok tani Kabupaten BS.

Setelah dilakukan rapat bersama akhirnya para kelompok tani bisa menyimpulkan. Bahwa program PSR belum berjalan karena masih dalam masa pandemi Covid-19 sehingga, kegiatan banyak terhambat. Namun, di tahun ini Dinas Pertanian Kabupaten BS memastikan akan kembali melanjutkan program replanting yang sempat berhenti sejak.

Anggota kelompok Tani Bunga Mas Tahap II Kecamatan Manna, Tatang, SH mengatakan, sejak tahun 2019 pihaknya mengusulkan program PSR kepada Dinas Pertanian Kabupaten BS. Namun, sampai saat ini baru dilakukan pengukuran. Padahal, pihaknya sangat menanti-nanti program ini karena sangat berdampak baik untuk para petani. Berdasarkan, penuturan Dinas Pertanian program replanting di tahun ini akan kembali dilanjutkan.

“Kita harapkan, replanting ini bisa segera di lanjutkan karena program replanting ini sangat kami tunggu untuk dilanjutkan,” paparnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten BS, Ir Silustero mengatakan, permintaan kelompok tani Kabupaten BS untuk melanjutkan program PSR ini. Pastinya, akan dituruti oleh pihaknya sebab, penyebab berhentinya program ini karena masih dalam situasi pendemi Covid-19. Selain itu juga, banyak informasi yang masuk program replanting yang tidak-tidak. Sehingga, menyebabkan para petugas berhenti untuk melanjutkan program ini. Kendati demikian, demi mewujudkan keinginan para kelompok tani pihaknya bersedia akan melanjutkan program PSR ini.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here