Beranda Pendidikan SMPN 5 Kaur Go Digitalisasi

SMPN 5 Kaur Go Digitalisasi

200
0


RKa ONLINE, MAJE – Di era teknologi digitalisasi ini, SMPN 5 Kaur memanfaatkannya untuk proses pembelajaran. Khususnya dalam melaksanakan penilaian hasil belajar seperti ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Salah satunya teknologi yang saat ini sedang berkembang yaitu, aplikasi berbasis web yang tersedia di google drive, salah satunya adalah google form.

Kepala SMPN 5 Kaur, Drs, Edi Supriyatno, M.TPd saat ditemui wartawan Radar Kaur (RKa) di ruangan kerjanya, Jumat (3/9) mengatakan, google form merupakan layanan dari google untuk kelola pendaftaran acara, jejak pendapat, membuat kuis dan melakukan kuis secara online. Termasuk membuat dan mengerjakan soal ulangan.

“Melalui google form ini kita bisa mendapatkan jawaban langsung dari responden. Google form memiliki banyak keuntungan diantaranya, dapat diakses secara gratis. Selain itu, aplikasi ini mudah dalam pengoperasian serta merupakan media yang efektif untuk penilaian. Google form juga terdapat spread sheet yang akan mempermudah guru untuk mengetahui secara detail dan lengkap hasil yang telah dikerjakan oleh peserta didik,” jelas Edy.

Dikatakan Kepsek, sejak Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) hingga Pembelajaran Tatap Muka (PTM) seperti sekarang, di sekolahnya setiap melakukan ulangan harian dan ulangan semesteran sudah menggunakan aplikasi google from. Bahkan, sudah sejak tahun lalu.

Menurutnya, aplikasi ini sangat praktis untuk digunakan. Sebab para siswa tidak harus memilik laptop atau komputer untuk menggunakan aplikasi tersebut. Cukup dengan menggunakan handphone android. Namun jika siswa tidak memiliki handphone pihaknya sudah menyediakan komputer.

“Alhamdulillah pada tahun 2020 lalu, kami mendapatkan bantuan 15 unit laptop chromebook dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) RI. Ini tentu akan sangat membantu kami untuk melakukan ulangan dengan google form itu,” tandas Kepsek. (roh)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here