Beranda Tak Berkategori SMANSAKA Target Bintang Keamanan Pangan

SMANSAKA Target Bintang Keamanan Pangan

75
0

BINTUHAN – Untuk mencapai penghargaan Piagam Bintang Keamanan Pangan Kantin Sekolah (PBKPKS), dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Bengkulu. SMAN 1 Kaur mulai membentuk kepanitiaan. Tak hanya dewan guru atau staf sekolah. Kepanitiaan juga melibatkan siswa, orang tua, serta pengelola kantin.

“Dalam waktu dekat akan diadakan rapat pembentukan kepanitiaan. Didalam kepanitiaan nantinya akan melibatkan semua unsur. Kepanitian sendiri harus segera dibentuk. Karena tim penilai bisa datang kapan saja. Jadi persiapan harus dilakukan secepat mungkin,” ujar Kepsek, Drs. Amrizal, MM pada RKa, Jumat (28/8).

Guru, siswa, dan pengelola kantin dapat menjadi penggerak, dalam implementasi keamanan pangan di sekolah. Mereka akan dicetak menjadi kader keamanan pangan sekolah. Dengan begitu sekolah akan mandiri mengawasi keamanan pangan di lingkungannya.

Amrizal memaparkan, persyaratan untuk meraih PBKPKS antaranya telah memiliki sertifikat laik sehat dari Dinkes setempat. Lalu pengelola kantin telah mengikuti Bimtek PBKPKS. Telah terbentuknya Tim Keamanan Pangan Sekolah (TKPS). Hasil audit sarana kantin sama dengan atau lebih dari 80 persen memenuhi syarat.

Dokumentasi lengkap mulai dari sertifikat mengikuti bimtek PBKP kantin sekolah. Rekaman evaluasi karyawan, rekaman pelatihan internal PBKP. Rekaman audit internal kantin sekolah, serta rekaman tindak lanjut temuan. Juga menjadi persyarat meraih piagam tersebut.

“Mudah-mudahan dengan bersinerginya unsur-unsur yang ada disekolah. Juga dukungan dari semua pihK. PBKPKS dapat kami SMAN 1 Kaur raih,” pungkas Amrizal. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here