Beranda Pendidikan SMAN Pentagon Perjusa Kenaikan Tingkat

SMAN Pentagon Perjusa Kenaikan Tingkat

73
0
HERY/RKa
TENDA: Anggota Pramuka SMAN 10 Pentagon laki-laki sedang mendirikan tenda. Sedangkan untuk wanita sedang mempersiapkan konsumsi, Sabtu (14/11).

BINTUHAN – 50 anggota Gugus Depan (Gudep) Pramuka SMAN 10 Pentagon Kaur mendapat kenaikan tingkat dari Penggalang ke Penegak. Untuk melakukan pelantikan satuan pendidikan di bawah pimpinan Kepsek, Yeye Hendri, M.Pd tersebut menggelar Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa), yang kegiatannya dilakukan tak jauh dari asrama sekolah. Kegiatan dilangsungkan Jumat (13/11) sore, hingga Sabtu (14/11) malam.

“Alhamdulillah acara kemah dan pelantikan anggota yang naik tingkat selesai dilakukan. Dengan kenaikan tingkat golongan dari Penggalang ke Penegak. Anggota Pramuka di sekolah kami akan makin matang. Baik itu dalam keorganisasian atau pemahaman materi kepramukaan,” ujar pembina, Elbi Afrizal, S.Pd pada RKa, Minggu (15/11).

Dia memaparkan, ada empat golongan dalam Pramuka . Kelompok Pramuka Siaga untuk usia 7 hingga 10 tahun. Lalu Kelompok Penggalang pada Usisa 11 hingga 15 tahun. Untuk yang berusia 16 hingga 20 tahun, golongannya adalah Kelompok Penegak. Lalu bagi yang berusoa 21 hingga 25 tahun. Kelompoknya yakni Pandega. Lalu dia juga menyebutkan ada kelompok khusus, yang disebut Pramuka Andalan dalam kepramukaan.

“Selain keempat itu ada Pramuka Andalan, dimana anggotanya mengambil bagian dalam menerima kwartir di dalam anggota Pramuka. Contohnya menjadi pelatih pramuka, pamong saka, staf kwartir dan majelis pembimbing,” jelas Elbi. (yie/krn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here