Beranda Berita Utama Sembarang Bermedsos, Bisa jadi Korban Hoax

Sembarang Bermedsos, Bisa jadi Korban Hoax

88
0

RKa ONLINE, NASAL – Menyikapi kemajuan teknologi yang semakin canggih saat ini. Masyarakat harus cermat dan teliti dalam menerima informasi. Supaya tidak mudah terpengaruh dengan berita yang beredar di media sosial (medsos), karena belum tentu akurat dan jelas kebenarannya. Menyaring informasi sangat penting, dengan mencari tahu sumber berita. Kemudian kredibelitas media yang memberitakan itu menjadi sebuah panduan yang positif. Ini disampaikan Camat Maje Anshari, S.Sos.

“Kalau di media sosial kebenaran informasi tidak dapat dijadikan patokan. Karena informasi yang beredar tidak dapat dipastikan kebenarannya. Masyarakat jangan asal membagikan tautan atau informasi yang belum jelas. Sebab jangan sampai menjadi korban menjadi bagian rangkaian penyebar informasi hoax,” tuturnya.

Sebut Camat Maje, perlu dipahami oleh masyarakat dalam penyebaran berita ada undang – undang yang mengaturnya. Jadi harus pahami terlebih dahulu sebelum bertindak. Apalagi saat ini banyak berita yang diunggah di media sosial oleh pihak – pihak tertentu. Jika masyarakat membacanya jika tidak pasti kebenarannya, apalagi informasi itu menyudutkan pihak tertentu. Jangan mengirimnya ke publik, karena berbahaya.

“Mari bermain teknologi dengan cerdas dan bermanfaat. Jangan memanfaatkan teknologi hanya untuk gaya-gayaan semata. Mari menyadari bahwa tindakan menggunakan teknolgi yang salah berpotensi membuat masyarakat berurusan dengan hukum,” tutupnya. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here