Beranda Lintas Kecamatan Semangat Cakades Makin Kendur

Semangat Cakades Makin Kendur

96
0

KAUR UTARA –Semangat juang para Calon Kepala Desa (Cakades) mulai dirasa makin berkurang. Hal ini disebabkan, panjangnya waktu menunggu tahapan yang harus dilalui. Semangat Cakades yang menurun ini membuat warga pun acuh terhadap segala tindak tanduk kandidat. Apalagi, di Kabupaten Kaur diperkirakan pemungutan suara bagi Cakades akan dilaksanakan pada Triwulan kedua tahun 2021. Padahal, proses awal sudah dilalui sejak bulan April lalu.

Cakades justru banyak memilih untuk meneruskan aktivitas mereka semula. Mereka yang berkembang dirantau kembali ke rantau. Bahkan, perencanaan penyusunan perangkat yang dijanjikan pun mulai bergeser. Karena banyak kabar kurang sedap akibat berpindah ke lain hati.

“Ada rasa bosan bagi Cakades dan masyarakat menunggu tahapan pelaksanaan yang panjang. Belum ada kepastian kapan akan dilaksanakan membuat warga acuh terhadap pelaksanaan pemungutan suara bagi Cakades,” papar Dirnawan (50) warga Desa Pancur Negara Kecamatan Kaur Utara, kemarin (6/8).

Semangat yang awalnya menggebu-gebu, mulai kendur dan nyaris tidak ada lagi pergerakan sama sekali oleh kandidat. Yang biasanya rumah Cakades ramai oleh pendukungnya pun mulai tampak sepi lengang. Ini menunjukan bahwa rasa bosan itu nyata dan tidak lagi semanis angan yang membara untuk memenangkan pertarungan politik berdemokrasi di desa. Namun, disisi lain ada yang memanfaatkan untuk menganggu konsisten pendukung. Dengan membisikkan informasi yang salah. Sehingga, timbul keraguan pendukung setia untuk bertahan pada kandidatnya.

“Molornya pelaksanaan pemungutan suara Cakades ini dimanfaatkan untuk menebar racun psikis bagi pendukung masing-masing. Sehingga, bagi yang terdampak hembusan isu maka dapat keluar dari koalisi,” demikian Dirnawan.(xst)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here