Beranda Lintas Kecamatan Sawah Ulak Pandan Diserang Tungro

Sawah Ulak Pandan Diserang Tungro

57
0
DEDI JULIZAR/RKa
VIRUS : Tanaman padi di sawah Desa Ulak Pandan Kecamatan Nasal diserang virus, Selasa (2/3).

NASAL – Tanaman padi sawah milik petani Desa Ulak Pandan Kecamatan Nasal diserang virus tungro. Akibatnya, tanaman padi mulai tergangggu pertumbuhannya. Hal ini diduga dipicu karena tidak melakukan musim tanam serentak. Kini petani Desa Ulak Pandan sedang berupaya untuk mengendalikan penyakit padi tersebut. Sebab dikhawatirkan jika tidak bisa diatasi. Penyebaran penyakit padi ini akan makin meluas.

“Kalau berdasarkan informasi dari kawan – kawan petani. Kini memang ada serangan virus tungro di sawah dekat permukiman warga. Mengenai luas sawah yang terkena serangan saya belum tahu. Tapi kalau informasinya tidak semua bidang sawah kena virus tersebut,” ujar Pjs Kades Ulak Pandan, Johan Satri.

Sampai saat ini, lanjut dia, berdasarkan keterangan warga. Belum ada penyuluh petani lapangan (PPL) yang mendatangi mereka. Guna untuk memberikan masukan/petunjuk mengatasi penyakit padi yang sedang terjadi. Kalau berdasarkan iformasi penyakit ini berawal dari serangan hama wereng. Tapi seiring waktu terjadi perubahan menjadikan tanaman padi seperti terbakar.

“Dari sisi ilmu pengetahuan petani masih banyak belum paham akan penyakit padi. Sehingga mereka kesulitan untuk mengatasinya. Sebab obat/racun hama yang menyerang padi mereka tidak diketahui. Oleh sebab itulah mereka butuh pendampingan,” tutur dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here