Beranda Lintas Kecamatan Sawah Tiga Desa Tak Kebagian Air Irigasi

Sawah Tiga Desa Tak Kebagian Air Irigasi

29
0


RKa ONLINE, NASAL – Petani sawah Desa Suku Tiga, Tanjung Betuah, Gedung Menung dan Ulak Pandan Kecamatan Nasal mengharapkan perbaikan total saluran irigasi Sungai Nasal.

Pasalnya, jika saluran irigasi direhab total. Maka lebih 100 hektar (Ha) sawah akan bisa dikelola maksimal. Selama ini perbaikan irigasi hanya di bagian hulu saja. Sehingga hanya petani di Desa Suku Tiga yang bisa menikmati. Sedangkan petani di tiga desa lainnya sawahnya sama persis dengan sawah tadah hujan.

“Kalau siring irigasi normal seperti dulu. Maka petani di desa kami akan bisa menggarap sawah tanpa menunggu musim hujan. Perlu diketahui, jalur irigasi di tengah sawah desa kami sudah ada. hanya saja kini sudah hancur, sehingga tidak dialiri air lagi,” sebut Kades Gedung Menung Kecamatan Nasal, Ibnu Saleh.

Lanjutnya, perlu diketahui saat ini semua saluran irigasi Sungai Nasal sudah mengalami kerusakan akibat banjir 2019 lalu. Kalau perbaikan hanya dilakuka secara manual (tenaga manusia). Maka bisa dipastikan hasilnya tidak maksimal. Sebab semua jalur (siring,red) irigasi sudah tertimbun sedimen lumpur.

“Kalau ingin melakukan perbaikan kami berharap secara menyeluruh. Karena kalau hanya perbaikan di bagian hulu saja percuma. Sebab tidak menimbulkan dampak bagi petani secara menyeluruh,” ungkap dia. (mrn)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here