Beranda Berita Utama Sampah jadi Listrik

Sampah jadi Listrik

26
0

RKa ONLINE – KEMAJUAN negara yang sangat cepat membuat Uni Emirat Arab (UEA) bersiap menghadapi masalah baru. Salah satu negara kaya dunia ini sudah memikirkan untuk membangun pabrik yang akan mengolah sampai menjadi sumber pembangkit listrik baru.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, mereka bahkan sudah mempersiapkan dana US$1,1 miliar atau sekitar Rp15,9 triliun untuk membangun pabrik pengolahan tersebut.

Dikutip dari Arabian Business, Jumat 30 Juli 2021, pabrik sampai itu akan dibangun didubai dengan mengolah sampah menjadi listrik. Pembangkit listrik ini akan beroperasi secara komersial di daerah Sharjah.

Jika dua proyek serupa lainnya rampung di Abu Dhabi, negara ini akan membakar hampir dua pertiga dari limbah rumah tangga yang dihasilkan.

Pengolahan limbah nantinya akan menghasilkan emisi yang diharapkan bisa menjadi sumber untuk pasokan listrik. Tekologi ini dianggap cocok jika sisa-sisa sampah bisa didaur ulang.

Proyek ini memang bisa mempersulit UEA untuk mengurangi emisi karbon. Tapi, negara ini punya sedikit pilihan untuk menghentikan tumpukan sampah plastik, kertas, dan organik di pinggiran kota. Sampah seperti ban dan barang elektronik memang bisa didaur ulang, tapi sampah rumah tangga susah diubah menjadi produk baru. Apalagi, kini susah untuk mengirim sampah ke luar negeri.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here