Beranda Metropolis Sambut Susenas, BPS Rapid Antigen Petugas

Sambut Susenas, BPS Rapid Antigen Petugas

125
0
ROHIDI/RKa
RAPID ANTIGEN: Sebanyak 44 petugas Susenas BPS Kaur saat melakukan rapid tes antigen menjelang pendataan sampel rumah tangga, Selasa (9/3).

BINTUHAN – Jelang pelaksanaan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2021. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kaur memastikan kesehatan 44 petugas Susenas-nya dengan melakukan rapid tes antigen, Selasa (9/3). Rapid antigen ini dilakukan oleh Praktek Dokter Benny Kusandi di ruangan kerja Kantor BPS Kaur.

Kepala BPS Kaur, Iin Inayati, SST, MM mengatakan, Susenas akan dimulai dari pendataan sampel rumah tangga dengan metode wawancara. Dimulai Rabu (10/3) dan berakhir pada 31 Maret 2021 mendatang. Selain Rapid tes, BPS Kaur membekali 44 petugas dengan pengetahuan sebelum terjun ke lapangan, guna melakukan pengambilan data.

Dikatakan bahwa untuk menyukseskan kegiatan Susenas ini, semua petugas yang akan diterjunkan ke lapangan harus dipastikan dalam kondisi sehat dan negatif dari virus Corona atau Covid-19. Sehingga masyarakat tidak merasa was-was menerima kedatangan petugas Susenas.

“Susenas merupakan kegiatan survei rutin yang diselenggarakan tiap semester. Survei ini adalah salah satu sumber data sosial ekonomi rumah tangga yang penting di Indonesia. Susenas dirancang untuk mengumpulkan data sosial kependudukan yang relatif sangat luas. Data yang dikumpulkan antara lain menyangkut di bidang pendidikan, kesehatan, perumahan, konsumsi/pengeluaran dan pendapatan rumah tangga,” jelas kepala BPS.

Lanjut Iin Inayati, Susenas menjadi sandaran utama Indonesia dalam hal kebutuhan data strategis Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan data sosial ekonomi lainnya. Data dan indikator yang dihasilkan dari Susenas telah banyak dipergunakan oleh berbagai kalangan. Baik di dalam maupun di luar negeri. Selain itu, juga digunakan sebagai dasar perencanaan, monitoring dan evaluasi program pembangunan pemerintah.

“Untuk itu kami sangat mengharapkan kerjasama rumah tangga yang sudah terpilih untuk menjawab semua pertanyaan yang berika petugas kami dengan benar dan jujur. Sehingga pendataan Susenas ini bisa berjalan sesuai yang diinginkan. Dan bisa menghasilkan data yang akurat” harap Iin Inayati. (roh)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here