Beranda Bengkulu Selatan Sajikan Informasi Sesuai Kode Etik Jurnalistik

Sajikan Informasi Sesuai Kode Etik Jurnalistik

87
0
Ist/RKa
FOTO BERSAMA: Usai di lantik 17 orang pengurus dan anggota PWI foto bersama, Kamis (26/11).

BENGKULU SELATAN (BS) – Sebanyak 17 orang pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) dilantik oleh Ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacky Antony,SH,MH, Kamis (26/11). Pelantikan berlokasi di Balai Sekundang Setungguan ini dihadiri, Pjs Bupati BS, Dandim 0408 BS/K, Kejari BS, Polres BS, Kemenag dan lain-lainya. PWI Bengkulu Selatan ini sempat vakum bertahun-tahun.

Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Antony,SH,MH menuturkan pengurus dan anggota PWI Kabupaten BS ini diharapkan bisa menjadi insan pers yang menyajikan informasi sesuai dengan kode etik jurnalistik. Selain itu, Organisasi PWI harus berperan aktif dalam membangun daerah dan ikut serta dalam kepedulian masyarakat. Karena, PWI merupakan organisasi yang peduli terhadap daerah maupun masyarakat yang membutuhkan.

“Organisasi PWI ini tidak sebatas menyajikan informasi yang sesuai atau sejalan dengan kode etik jurnalistik. Tetapi, organisasi ini juga merupakan organisasi yang peduli terhadap pembangunan daerah maupun kepedulian masyarakat. Terlebih lagi, jika masyarakat membutuhkan bantuan maka disitulah PWI harus saling bahu membahu,” ungkapnya.

Lanjutnya, dirinya meminta kepada seluruh jurnalis Kabupaten BS yang tergabung dalam organisasi PWI BS. Agar kiranya menjaga nama baik organisasi PWI dengan tetap berada di dalam kode etik jurnalis pada saat memberikan informasi kepada masyarakat. Sebab, dalam organisasi ini tidak mengajarkan para jurnalis dalam memberikan informasi di luar jalur kode etik.

“Kita harapkan kedepannya organisasi PWI Kabupaten BS bisa menjadi contoh PWI Kabupaten lainnya,” ujarnya.

Terpisah, Pjs Bupati BS, Isnan Fajri, sangat mengapresiasi atas terbentuknya organisasi PWI Kabupaten BS. Terbentuknya organisasi ini diharapkan bisa menyalurkan informasi kepada masyarakat sesuai dengan fakta. Sementara itu, menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ini diharapkan kepada seluruh jurnalis Kabupaten BS agar memberikan informasi kepada masyarakat berita-berita yang sejuk, tidak memecah belah antar kubu kandidat calon kepala daerah. Serta mendukung Pilkada aman, damai dan kondusif.

“Kita harapkan terbentuknya PWI ini bisa menyajikan informasi yang sejuk damai dan aman pada saat menjelang Pilkada ini,” tuturnya.

Sementara, Ketua Umum PWI Kabupaten BS, Siswadi Ak menegaskan, sebanyak 17 pengurus dan anggota PWI Kabupaten BS yang dilantik oleh Ketua PWI Provinsi Bengkulu akan menjunjung nama baik organisasi PWI dan tetap menyalurkan informasi kepada masyarakat sesuai dengan kode etik jurnalistik. Selain itu, juga akan membantu pemerintahan dalam membangun daerah.

“Kami PWI Kabupaten BS bersidia membantu pemerintahan dalam membangun daerah. Dan saling bahu membahu kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan,” ujar dia.(rjs)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here