Beranda Ragam Rumah Adat hingga Jenis Senjata Tradisional

Rumah Adat hingga Jenis Senjata Tradisional

315
0


Mengenal Lebih Dekat Suku Semende Lembak

DOK/RKa
IRINGAN PENGANTIN: Terlihat salah satu Adat Suku Semende dimana iringan pengantin jelang akad nikah di arak dengan iringan rebana.

SUKU Semendo atau Suku Semende, merupakan salah satu dari sekian banyak suku bangsa yang ada di Indonesia. Masyarakat Suku Semende tersebar di wilayah bagian selatan Pulau Sumatera. Seperti Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Provinsi Lampung dan Provinsi Bengkulu. Suku ini merupakan suku rumpun dari Suku Besemah, terbagi lagi dalam kelompok Suku Semende Daghat (Darat,red), Suku Semende Ulu Luas, Suku Semende Mekakau, dan Suku Semende Bayur.

Penyebaran Suku Semende di Sumatera Selatan berdasarkan letak geografis. Semende Darat meliputi wilayah eks-Marga Semende Darat Ulu, eks-Marga Semende Darat Tengah, dan di eks-Marga Semende Darat Laut di Kabupaten Muara Enim.

Sedang untuk Semende Ulu Luas meliputi eks-Marga Sindang Danau di Kecamatan Sindang Danau, dan eks-Marga Sungai Are di Kecamatan Sungai Are di Kabupaten OKU Selatan.

Semende Mekakau, meliputi wilayah eks-Marga Mekakau Ulu di Kecamatan Pulau Beringin, dan eks-Marga Mekakau Ilir di Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten OKU Selatan.

Sedang untuk Semende Bayur menyebar di wilayah eks-Marga Bayur di Kecamatan Muaradua Kisam Kabupaten OKU Selatan.

Di Bumi Raflesia, Suku Semende yang banyak menyebar berasal dari Suku Semende Lembak. Mayoritas menyebar di Kecamatan Muara Sahung dan Kecamatan Nasal.

Sama seperti suku bangsa lain, Suku Semende memiliki ciri khas seperti rumah adat hingga senjata tradisional. Berikut selengkapnya.

Rumah Adat

Rumah Ulu Semende atau disebut juga Rumah Baghi Semende, adalah rumah tradisional suku Semende yang masih dapat dijumpai di Kabupaten Muara Enim. Rumah Baghi Semende merupakan bentuk transformasi dari Rumah Baghi Besemah. Masih tampak kemiripan pada atapnya yang juga sedikit melengkung. Perbedaannya terlihat pada adanya bangunan tambahan serta sekat-sekat antar ruang pada ruang induk dan memiliki lebih banyak jendela. Rumah ini juga dinamai sebagai Rumah Tunggu Tubang karena rumah ini hanya dipindahtangankan berdasarkan adat Tunggu Tubang yang bercirikan sistem

Adat Tunggu Tubang

Sama seperti suku bangsa lainnya, dalam suku Semende juga terdapat beberapa aturan-aturan, yang mengatur tatanan kehidupan. Salah satunya adalah adat “Tunggu Tubang” dalam sebuah keluarga.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here