Beranda Berita Utama RSMY Vonis Meninggal Covid-19, Keluarga Pilih Makamkan Sendiri

RSMY Vonis Meninggal Covid-19, Keluarga Pilih Makamkan Sendiri

1173
0
IST/RKa
AMBIl : Warga yang mengambil peti jenazah almarhumah yang dinyatakan positif Covid-19, Sabtu (28/8).

BINTUHAN – Satu lagi warga Kabupaten Kaur yang meninggal dunia divonis positif Covid-19 oleh RSMY Bengkulu. Namun saat tiba di rumah duka di Desa Kasuk Baru Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur Sabtu (28/8) pukul 14.00 WIB, pihak keluarga memilih untuk mengurus dan memakamkan sendiri jenazah Malini (61) serta menolak dimakamkan secara Protokol Kesehatan (Prokes).

“Ada satu warga yang meninggal dunia dari hasil pemeriksaan dinyatakan postif Covid-19. Tetapi pihak keluarga menolak untuk dimakamkan secara Prokes Covid-19,” kata Ketua Harian Satgas Covid-19 Ujang Syafiri, S.Pd, SIP, Sabtu (28/8).

Dikatakan Ujang, melihat keadaan yang tidak memungkinkan petugas ambulan yang membawa jemazah memilih mengalah. Karena kalau dipaksakan akan terjadi dibenturan antara petugas dan pihak keluarga almarhumah. 

Lanjut Ujang, untuk mengantisipasi dan langkah yang akan diambil oleh tim satgas maka melakukan tracing terhadap yang kontak langsung dengan almarhumah. Hal ini semata-mata untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan membuat warga kabupaten kaur khususnya Kecamatan Tetap menjadi korban Covid-19.

Sementara Camat Tetap M Edian membenarkan warganya menolak untuk dimakamkan secara Prokes. Hal itu sangat disayangkan terapi apabila dipaksakan maka akan berbenturan dengan pihak kelurga. Dengan begitu maka untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan akan melakukan koordinasi. Pihak satgas Covid-19 Kabupaten, Desa dan Kecamatan dalam melakukan tracing warga yang langsung kontak dengan Almahrumah. (ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here