Beranda Berita Utama Rp 83,7 Juta BLT-DD Dikembalikan

Rp 83,7 Juta BLT-DD Dikembalikan

354
0

Kasus Pemalsuan Data Lanjut

IST/RKa
PENGEMBALIAN : Kasi Intelijen Kejari Kaur A Ghufroni, SH, MH menerima pengembalian kerugian negara dari Sekdes Tanjung Aur Kecamatan Maje, Supriadi, Rabu (18/8).

RKa ONLINE, BINTUHAN – Uang Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Rp 83,7 juta yang diduga disimpangkan Kades Tanjung Aur Kecamatan Maje, Sugiono, dikembalikan, Rabu (18/8). BLT-DD tahun 2020 lalu tersebut dikembalikan ke kas negara melalui Kejaksaan Negeri (Kejari) Kaur. Uang BLT-DD tersebut dicairkan oleh Kades, namun tidak disalurkan ke penerima.

“Kerugian negara akibat ulah Kepala Desa telah dikembalikan ke kas negara. Untuk laporan tentang penyimpangan BLT-DD dihentikan. Sedangkan untuk pemalsuan data akan dilimpahkan ke Tindak Pidana Umum (Pidum) Polres Kaur,” ungkap Kajari Kaur Nurhadi Puspandoyo, SH, MH melalui Kasi Intelijen A Ghufroni SH, MH.

Menurut Kasi Intelijen, pihaknya sudah melakukan pemanggilan terhadap Kades dan perangkatnya. Setelah dilakukan mediasi, Kades Tanjung Aur Sugiona siap mengembalikan kerugian degara. Dan Rabu (18/8), melalui Sekdes Supriadi, kerugian negara tersebut dikembalikan ke kas negara melalui Kejari Kaur.

“Sesuai aturan penanganan kasus DD, dugaan penyimpangan BLT-DD prosesnya tidak dilanjutkan. Sedangkan untuk pemalsuan data yang dilakukan oleh Kades, akan dilimpahkan ke Polres Kaur,” terang A Ghufroni.

Diungkap Kasi, tahun 2020 BLT-DD Tanjung Aur tahap tiga yang seharusnya diserahkan ke penerima Rp 83,7 juta, tidak disalurkan oleh Kades. Tetapi untuk laporan pertangungjawaban penyerahan BLT-DD atau tanda tangan penerima BLT-DD, dipalsukan oleh Kades.

“Seolah-olah BLT-DD tahap ketiga tersebut telah disalurkan,” demikian Kasi Intelijen. (ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here