Beranda Berita Utama Ritual Ngumbai Tiap 1 Muharam

Ritual Ngumbai Tiap 1 Muharam

60
0
IST/RKa
NGUMBAI: Nelayan Desa Merpas Kecamatan Nasal saat melaksanakan Ritual Ngumbai di Pelabuhan Merpas, Selasa (10/8).

RKa ONLINE, NASAL – Setiap tanggal 1 Muharam atau tahun baru islam, para nelayan dari empat desa meliputi Desa Merpas, Tebing Rambutan, Pasar Baru dan Batu Lungun Kecamatan Nasal melakukan ritual (berdoa) yang disebut ngumbai. Pada 1 muharam yang bertepatan dengan hari Selasa (10/8) dilaksanakan di Pelabuhan Merpas. Acara ini dihadiri olehh Kades Tebing Rambutan, Kades Pasar Baru, Kades Batu Lungun dan Kades Merpas. Juga diikuti anggota DPRD Surono, S.Pd dan para tokoh agama serta masyarakat.

Sekdes Merpas Helda Ersan membenarkan, bahwa nelayan empat desa melaksanakan kegiatan Ngumbai. Kegiatan ini dilaksanakan pada pergantian tahun baru islam. Sayangnya, kegiatan seperti ini sudah lama tidak dilaksanakan. Ngumbai ini adalah bentuk munajat nelayan kepada Allah SWT. Dengan memohon agar nelayan dijauhkan dari marabahaya saat beraktivitas di laut. Serta diberikan rezeki yang berlimpah dan halal untuk bisa dibawa pulang.

“Ngumbai kalau tidak salah sudah dua tahun tidak dilaksanakan. Tradisi Ngumbai ini bukan asli dari Kecamatan Nasal. Ini merupakan bagian tradisi nelayan dari Krui. Karena di sini banyak nelayan dari daerah sana. Maka tradisi ngumbai sudah melekat di masyarakat nelayan,” ujarnya.

Jelas Sekdes, kegiatan ini dilaksanakan oleh nelayan dengan swadana. Mereka pemerintahan desa hanya diundang. Pada setiap kesempatan nelayan terus disampaikan. Mereka pemerintahan desa terus mengimbau. Supaya dalam beraktivitas harus selalu melihat kondisi cuaca terkini. Sebagai langkah antisipasi untuk menghindarkan potensi bahaya saat mencari rezeki.

“Acara ngumbai ini bukan kegiatan desa, melainkan kegiatan nelayan. Kami pemerintahan desa hanya sebagai undangan saja. Semoga saja rekan – rekan nelayan dalam aktivitasnya terjaga keselamatan. Serta mendapatkan rezeki yang berlimbah,” sebut dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here