Beranda Lintas Kecamatan Ratusan Hektar Lahan Tidur, Perlu Terobosan

Ratusan Hektar Lahan Tidur, Perlu Terobosan

28
0

RKa ONLINE, MAJE – Untuk mengatasi lahan tidur di desa – desa wilayah Maje yang ratusan hektar. Pemda Kaur ke depannya harus ada program yang bisa menjadi terobosan baru. Sehingga lahan nganggur milik masyarakat ini digarap dan ditanami tanaman tertentu yang bernilai ekonomi. Bahkan, usaha yang digeluti warga itu ditampung dalam skala besar oleh pihak tertentu.

“Kalau Pemda memang serius untuk atasi lahan tidur lanjutkan saja program Bapak Hermen Malik dulu. Cari pengusaha tepung bahan utamanya singkong. Maka secara sendirinya semua lahan tidur masyarakat akan digarap,” ujar Hermansyah (30), pemuda Desa Wayhawang .

Tapi pengusaha harus sediakan bibit gratis, sebut dia, karena dengan sistem itu masyarakat terbantu. Pengusaha juga telah melakukan kerjasama secara tidak langsung dengan petani. Hanya saja sebelum pengusaha itu melakukan pembelian. Pemda Kaur harus menegaskan, pabrik milik pengusaha harus ada di Kaur.

“Kalau usaha tepung singkon ini berada di Kaur. Saya yakin bukan saja di wilayah Maje akan diuntungkan. Semua masyarakat di seluruh kecamatan akan merasakan dampak baiknya,” kata dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here