Beranda Berita Utama Ratusan Cakades “Serbu” PN Bintuhan

Ratusan Cakades “Serbu” PN Bintuhan

128
0
UJANG/RKa
TUNGGU : Para calon kepala desa sedang duduk di ruang tunggu PN Bintuhan, Senin (13/9).

RKa ONLINE, BINTUHAN – Ratusan Calon Kepala Desa (Cakades) “serbu” Pengadilan Negeri (PN) Bintuhan, Senin (13/9). Kedatangan mereka untuk mengambil surat keterangan belum pernah dipidana sebagai salah satu syarat untuk mendaftarkan diri dalam kontestasi pemilihan kepala desa (pilkades) yang akan dilaksanakan pada 66 desa di Kabupaten Kaur.

“Saat ini sudah ratusan calon kepala desa yang mengurus surat keterangan tidak dipidana sebagai syarat administrasi. Untuk mendapatkan surat keterangan itu, cakades dikenakan biaya Rp 10 ribu dan uang tersebut disetir ke kas negara,” kata Ketua Pengadilan Negeri Bintuhan Adil Hakim, SH, MH Senin (13/9).

Dikatakan Ketua PN, dalam mengurus berbagai macam surat baik itu untuk kepentingan mencalonkan diri sebagai Kades maupun kepentingan lainnya dikenakan biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (BNBP) dengan besaran Rp 10 ribu. Uang tersebut disetor langsung ke kas negara.

Lanjut Ketua PN, apabila ada oknum yang menarik BNBP lebih dari ketentuan, dipastikan itu pungutan liar (Pungli).

“Kalau ada masyarakat yang mengurus berbagai surat kepentingan dan dimintai biaya lebih dari Rp 10 ribu, silakan melapor, pasti akan ditindaklanjuti,” tegasnya. (ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here