Beranda Berita Utama Yang Ter Quran Usia 800 Tahun

Quran Usia 800 Tahun

50
0

ROY Marten membagikan momen saat mengunjungi rumah salah satu temannya yang dijuluki Sultan BSD. Dalam kunjungan tersebut Roy sempat melihat sebuah mushaf Quran yang sudah berusia 800 tahun.

Dikutip dari akun Youtube @marten & Friend, Sabtu 13 Februari 2021, Roy pernah mengunggah video berjudul #martenandfriends – SULTAN BSD – punya AL-QURAN berumur 800 TAHUN senilai 50 M!!”, teman yang bernama Haidar Alwi ini memperlihatkan Alquran yang berumur delapan abad kepada Roy. Kitab Suci Umat Islam itu terbuat dari pelepah kayu, bukan dari kertas.

“ Ini umurnya 800 tahun. Ini terbuat dari kayu pelepah, bukan dari kertas,” kata Haidar.

Menurut Haidar, Quran langka tersebut diperolehnya dari sebuah acara pelelangan di London, Inggris. Tak tanggung-tanggung, Haidar harus merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa memiliki mushaf tersebut.

“ Kalau boleh tahu, abang dapat berapa angkanya?” tanya Roy.

“ Maharnya sekitar 2,5 juta poundsterling,” kata Haidar.

Rumah Gaya Eropa-Jawa
Selain memperlihatkan Alquran berusia delapan abad, Roy juga “menjelajah” rumah sang teman. Kepada ayah Gading Marten, Haidar mengatakan rumah mewahnya ini mengawinkan gaya Eropa dengan Jawa.

“ Ini rancangan gabungan antara Eropa dan Jawa. Kalau yang disitu, Jogja itu ada pintu masuk keraton Jogja ada Solo ada kaya joglo-joglo gitu,” kata dia.

Disebutkan juga hunian itu juga memiliki joglo-joglo khas Jawa, yang di desain dengan dua pintu masuk berbeda. Yakni, khas keraton kesultanan Jogja dan keraton kesultanan Solo.

Saat pertama kali masuk, terlihat ruang tamu yang dipenuhi aksen kayu sebagai interiornya. Di ruangan ini ada sebuah patung disebut sebagai dewa rezeki China.

Tak jauh dari ruang tamu pertama, terlihat sebuah ruang yang diperuntukkan untuk para tamu. Jika di ruangan pertama nuansa akulturasi budaya pada setiap elemen interior begitu kental, di ruangan ini nampak gaya Eropa lebih dominan.

Hunian Haidar ini juga punya area terbuka untuk bersantai. Ada sebuah kolam renang yang besar di sana. Dia juga menunjukkan Roy area ruang makan dan ruang sholat.(net)





LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here