Beranda DESAKU Puskesmas Nasal Miliki IPAL Medis Setengah Miliar

Puskesmas Nasal Miliki IPAL Medis Setengah Miliar

208
0
DEDI JULIZAR/RKa
TONG: Septic Tank untuk saluran IPAL Puskesmas Nasal sudah siap pasang, Sabtu (22/8).

NASAL – Puskesmas Nasal segera memiliki Instalasi Pembuangan Akhir Limbah (IPAL) untuk medis. Pembangunan IPAL yang menelan biaya Rp 497.851.000 ini sudah memasuki tahap akhir. Tanki untuk penyaringan IPAL sudah sampai di lokasi. Pekerjaan ini dilaksanakan oleh CV Putra Bungsu, berdasarkan kontrak berakhir 8 Oktober mendatang.

“Ini tanki untuk bagian dari IPAL sebesar 5000 liter telah sampai. Setelah ini nantinya dipasang, maka pekerjaan akan pada tahap akhir. Untuk dilaksanakan pengetesan semua saluran yang telah dibuat,” ujar Pendamping Teknis Ruslan.

Lanjutnya, perlu diketahui bahwa saluran IPAL ini dibuat untuk sebagai filter. Semua limbah Puskesmas ini nantinya yang berbentuk kimia akan masuk ke saluran. Sehingga akan disaring melalui proses yang telah dibuat sebelum dibuang ke saluran air lain. Sehingga limbah yang dibuang pada saluran masyarakat akan benar – benar aman.

“IPAL ini berfungsi untuk keamanan limbah. Sehingga walau bekas bahan kimia akan ramah lingkungan. Tidak mencemari pada saat dibuang ke saluran masyarakat,” tuntas dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here